Close

Usai Pemilu, Blangko e-KTP Kosong, Dian Fakri: Dalam Tahap Pengadaaan di Pusat

Dian Fakhri

SUDIRMAN, METRO – Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang, Dian Fakri mengatakan informasi terkait kekosongan blangko e-KTP hingga akhir tahun, adalah berita hoaks dan tidak benar. Dian meyakini menjelang akhir tahun akan ada penambahan blangko dari pemerintah pusat.

“Itu berita hoaks. Sekarang blangkonya memang tak ada. Tapi kita yakin masih ada dan akan dibagikan nanti,” sebut Dian.

Dia mengakui, saat ini memang terjadi kekosongan blangko. Kondisi ini sudah berlangsung sejak usai pemilu. Masyarakat hanya diberi surat keterangan pengganti KTP saja atau Suket.

Saat ini antrean masyarakat yang menunggu KTP elektronik sudah mencapai ribuan. Ia mencontohkan, untuk Kecamatan Lubukbegalung, jumlah warga yang sudah lama antre menunggu blangko mencapai 3.000 lebih. Yang paling parah adalah Kecamatan Kototangah.

Saat ditanya ke pusat, kata Dian, petugas di Kemendagri mengatakan bahwa blangko e-KTP dalam tahap pengadaan. Namun ia yakin, nanti pasti ada pasokan blangko dari pusat.

“Jika sudah ada, nanti pasti dikasih tahu. Sabar saja,” kata Dian lagi.

Salah seorang warga yang mengurus KTP, Risa (27) mengatakan bahwa dirinya ke Disdukcapil Padang untuk mengurus KTP. Namun, diberi baru surat keterangan yang berlaku selama enam bulan.

“Saya maunya e-KTP karena melamar kerja di Jakarta. Tapi, ternyata hanya surat keterangan di dapat,” sebut Risa.

Ia berharap, kekosongan blangko e-KTP bisa segera diisi karena masyarakat sangat butuh.

“Kalau suket kan masa berlakunya hanya enam bulan. Kita berharap KTP nya segera ada,” sebut Risa.

Pantauan POSMETRO, jumlah masyarakat yang mengurus Suket di Disdukcapil Padang cukup ramai. Namun, mereka hanya bisa mendapatkan Suket saja. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top