Menu

Usai Kecelakaan Jalur KA Cimparuh Diperlebar

  Dibaca : 171 kali
Usai Kecelakaan Jalur KA Cimparuh Diperlebar
TINJAU— Plt Wali Kota Pariaman Mardison Mahuddin bersama dengan Manager Pengamanan PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumbar, Jefri, dan jajaran PT KAI Divre II Sumbar, saat meninjau langsung lokasi kecelakaan.

PARIAMAN, METRO
Usai terjadinya kecelakaan sebuah mobil dengan kereta api di jalur kereta api Cimparuh, belakang Kantor Balaikota Pariaman, kemarin, Plt Wali Kota Pariaman, Mardison Mahuddin bersama dengan Manager Pengamanan PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar), Jefri, dan jajaran PT KAI Divre II Sumbar, meninjau langsung lokasi kecelakaan tersebut.

Mardison Mahyuddin mendengarkan langsung kronologi dan keadaan di apangan lokasi tempat terjadinya kecelakaan tersebut, dimana sudah beberapa kali terjadi kecelakaan antara mobil dengan kereta api yang melaju dari Kota Padang ke Kota Pariaman atau sebaliknya, menurut penuturan warga.

“Memang lokasi ini sangat rawan karena ditunjang dengan jalan yang berbelok, tanjakan dan banyaknya tumbuhan dan rumah yang menyebabkan pandangan orang saat akan melintas di jalan ini terbatas, karena itu hari ini juga saya menginstruksikan stakholder terkait untuk membahas dan mencari solusi terbaik kedepanya,” ucapnya.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menebang pohon-pohon yang dirasa dapat menghalangi pandangan dari pengendara. “Hari ini juga kita melakukan penebangan dan memangkas tanaman yang berada di dekat tikungan jalur kereta api ini agar tidak menutup pandangan pengendara nantinya,” ujarnya lebih lanjut.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini juga mengistruksikan untuk Dinas PU, bersama dengan Kepala Desa Cimparuh, agar secepatnya dapat memperlebar jalan di lokasi kejadian, sehingga tidak terlalu menikung yang membatasi pandangan dari pengendara yang melintas.

“Pelebaran ini adalah hal yang mendesak yang harus kita lakukan. Kemudian untuk langkah kedepanya, kita berkordinasi dengan pihak PT Kereta Api Divre II Sumatera Barat dan mendapat persetujuan untuk membuat jalan kolektor diantara jalur kereta api yang ada di Cimparuh ini, sehingga kita berharap agar tidak ada lagi kecelakaan serupa di lokasi ini,” tukasnya.

“Kepada jajaran terkait, agar segera mempersiapkan dan memperhitungkan berapa anggaran yang kita alokasikan untuk pembebasan lahan, bangunan dan tanah milik masyarakat dalam membuat jalan kolektor di Desa Cimparuh ini,” tutupnya.

Sementara itu Manager Pengamanan PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat, Jefri, mengatakan mendukung apa yang menjadi keinginan dari pemerintah Kota Pariaman ini, dan dirinya juga membenarkan terkait banyaknya kasus kecelakaan kereta api di lokasi tersebut.

“Kita berharap agar pengguna jalan dapat berhati-hati ketika melintasi jalur kereta api, dengan menurunkan kecepatan dan kaca mobil serta melihat ke kiri dan ke kanan terlebih dahulu sebelum melintas, sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan dapat kita cegah,” ungkapnya mengakhiri.

Pada kesempatan ini Jefri yang didampingi Asisten Manager Humasda, PT KAI Divre II Sumbar, Rusen juga memberikan masker kepada Pjs Wali Kota Pariaman di lokasi tersebut. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional