Close

Usai Jalani Patsus, Irjen Teddy Minahasa Ditahan di Polda Metro

Irjen Teddy Minahasa

JAKARTA, METRO–Mantan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa, Senin (24/10) resmi ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Dia sebelum­nya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penjualan barang bukti narkoba jenis sabu.

“Pak Irjen TM mulai malam ini sampai 20 hari ke depan dilakukan penahanan di Polda Metro terkait narkoba,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

Penahanan ini juga dibe­narkan oleh pengacara Teddy, Hotman Paris Hutapea. Menu­rutnya, Teddy sudah selesai menjalani penempatan khusus (patsus) di Divpropam Polri. Sehingga selanjutnya akan di­proses secara pidana oleh Polda Metro Jaya.

“Pemeriksaan di Patsus (ins­pektorat khusus) oleh Propam sudah selesai, dan hari ini akan resmi menjadi di bawah kewe­nangan Polda Metro Jaya,” kata Hotman.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menaikan status hukum para pelaku penjualan narkoba yang melibatkan Irjen Pol Teddy Minahasa. Seluruhnya kini ber­status tersangka, baik itu warga sipil maupun anggota polisi.

“Total ada 11 tersangka,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa kepada wartawan, Sabtu (15/10).

Kesebelas tersangka itu ada­lah HE, AR, AD, KS, J, L, A, AW, DG, D, dan TM. Dari 11 tersangka ini, lima di antaranya adalah polisi. Mereka adalah Irjen Teddy Minahasa, AKBP Dody Pra­wiranegara, Kompol Kasranto, Aiptu Janto Situmorang, dan Aipda AD.

Atas perbuatannya, Teddy dikenakan Pasal 114 Ayat (3) sub Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Jo Pasal 55 UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman maksimal hukuman mati dan minimal 20 tahun penjara. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top