Menu

Usaha Terdampak Pandemi Covid-19, Andre Rosiade Bantu Modal Perajin Kerupuk Jangek

  Dibaca : 972 kali
Usaha Terdampak Pandemi Covid-19, Andre Rosiade Bantu Modal Perajin Kerupuk Jangek
BANTUAN BERAS— Sekretaris PIRA Sumbar, Nurhaida dan AR Center, Alwis Ray menyerahkan bantuan beras dan permodalan untuk perajin kerupuk jangek di Gates Nan XX, Lubeg.

GATES, METRO
Devi Ance (37), warga Sungai Barameh, Gates Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung sangat kesulitan memenuhi pasokan permintaan kerupuk jangek atau kulit konsumennya. Pasalnya, sang suami Indra (38) berhenti bekerja sebagai sejak pandemi, jadi sangat susah mengumpulkan modal kembali.

“Dulu kami biasa beli kulit sapi stok banyak di Cengkeh untuk dilatua (diolah), tapi sekarang tidak kuat lagi. Uang cukup untuk makan sehari-hari saja sudah. Kemarin baru bayar masuk sekolah anak pula. Sementara hanya bisa membeli bahan separo jadi dan tinggal digoreng saja di rumah. Baru diantarkan ke langganan kami,” kata Ance saat dikunjungi Sekretaris PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar Nurhaida serta Tim AR Center Alwis Ray dan Rina Shintya ke rumahnya, Selasa (1/7).

Hari itu, Nurhaida diminta oleh Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade untuk mengantarkan bantuan modal kepada Devi Ance dan keluarga. Karena, usaha mereka saat itu sedang susah dan dapat terus bertahan jika dibantu permodalan. Tim juga membawa beras untuk keperluan sehari-hari keluarga Devi Ance.

“Terima kasih pak Andre atas bantuan ini. Bisa kami jadikan modal untuk membeli kulit. Insya Allah, usaha kami akan bisa terus berjalan, sementara suami saya bekerja kembali. Anak-anak juga masih sekolah saat ini. Semoga pak Andre sukses selalu dan dapat terus berbuat untuk masyarakat Sumbar,” kata Devi Ance yang sudah beberapa tahun terakhir memproduksi kerupuk kulik ini.

Informasi perajin kerupuk jangek ini datang dari tetangga Devi yang tak begitu jauh, Fuad. Dia melihat, Andre hampir setiap hari membantu masyarakat Kota Padang. “Saya coba kasih info kepada da Andre Rosiade. Alhamdulillah direspon dan tim langsung datang. Semoga masih banyak lagi bantuan serupa dari da Andre dan juga dermawan lainnya,” Fuad lagi.

Nurhaida menambahkan, usaha Devi Ance cukup bagus dan memiliki prospek baik. Sayang sekali kalau terhenti karena faktor modal. “Sangat tepat sekali pak Andre membantu modal perajin kerupuk jangek ini. Kami juga siap membantu mendampingi UMKM ini agar terus berkembang,” kata Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (AKU) Kota Padang ini.

Andre Rosiade mengaku cukup bersemangat saat mengetahui ada informasi terkait UMKM ini. Dia begitu antusias membantu dan berharap usaha Devi Ance bisa berkembang baik ke depannya. “Kami sangat mendukung usaha-usaha yang digulirkan ibu rumah tangga. Karena bisa membantu menopang kehidupan keluarga. Bisa juga menjadi sandaran andai usaha atau pekerjaan suami mandeg,” kata anggota Komisi VI DPR RI ini.

Andre sebelumnya juga sudah meminta kepada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki untuk membuat program-program yang dapat membantu keberlangsungan UMKM saat dengar pendapat di Komisi V.

“Kami ingin usaha-usaha kecil dibantu dalam bentuk BLT (bantuan langsung tunai) agar mereka selamat dan bisa terus berkembang,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional