Menu

Usaha Sektor Makanan Pendukung Ekonomi di Kota Pariaman

  Dibaca : 56 kali
Usaha Sektor Makanan Pendukung Ekonomi di Kota Pariaman
TINJAU—Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit saat meninau kegiatan ibu ibu.

PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Perindus­trian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit menyatakan salah satu usaha yang diminati oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UM­KM) saat ini adalah, usaha industri makanan yang me­rupakan salah satu sektor yang mendukung pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi covid-19 yang ma­sih mewabah.

“Program ini untuk men­dukung pemulihan ekonomi nasional dengan cara mem­berikan bantuan modal usa­ha bagi  pelaku mikro (BP­UM). Pada tahun 2020 pe­merintah kota Pariaman telah memfasilitasi para pelaku UMKM sebanyak 5.021 UMKM dengan nilai bantuan Rp.2.400.000,-/UM­KM. Sedangkan pada tahun 2021 ini telah difasilitasi sebanyak 6.978 UMKM de­ngan nilai bantuan Rp.1.­200.000/UMKM,” kata Gus­niyetti Zaunit, kemarin.

Katanya, “Semua itu dila­kukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi, pe­m­bekalan ilmu dan skill (ke­ahlian) kepada pelaku UM­KM, agar kedepannya m­e­reka akan lebih bisa me­ngembangkan usahanya de­ngan lebih baik lagi, ditengah persaingan yang begitu ke­tat saat ini,” ujar Gusniyetti Zaunit lagi.

“Dengan terus ber­kem­bangnya industri ma­kanan ringan dan makanan olahan di Kota Pariaman, diharap­kan pelaku UMKM dapat tumbuh dan mulai bangkit kembali akibat pan­demi ini, serta dapat me­ningkatkan kunjungan pari­wisata dan kesejahteraan masyarakat kota pariaman,” imbuhnya.

“Semoga dengan dilak­sanakannya pelatihan bagi UMKM kota pariaman ini, akan dapat bisa mening­katkan Sumber Daya Ma­nusisa (SDM) bagi pelaku UMKM dalam menciptakan produknya, sehingga dapat bersaing di pasar baik lokal maupun nasional,” tegas Gusniyetti Zaunit.

Pelatihan ini digelar se­lama tiga hari  di Gedung pertemuan SMKN 2 Paria­man, dengan narasumber berasal dari Instruktur Boga SMKN 2 Pariaman, Ins­truk­tur Boga dari Royal Asia Collage di Padang, dan Dis­perindagkop dan UKM Kota Pariaman. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional