Close

Usaha KWT Kelurahan di Kota Padang bisa jadi Industri Rumah Tangga

KELOMPOK WANITA TANI — Anggota KWT Cabe Rawit Asratek Kelurahan Ulak Karang Selatan berfoto bersama dengan Wako Padang Hendri Septa sembari memerlihatkan hasil tanaman yang sudah ditanam dan dipanen.

ULAK KARANG, METRO–Kelompok Wanita Tani (KWT) yang berada di Kelurahan di Kota Padang diharapkan dapat me­ngembangkan usahanya menjadi home industry atau industri rumah tangga, se­hingga dapat menjadi sum­ber ekonomi kerakyatan yang menjanjikan.

Hal tersebut disam­pai­kan Wali Kota Padang Hen­dri Septa usai mengunjungi dua KWT yang berada di Kecamatan Padang Utara dalam Program Jumat Ber­kah dan Sehari Berkantor di Kecamatan, Jumat (4/3) lalu.

Dua KWT tersebut ia­lah KWT Cabe Rawit Asra­tek Kelurahan Ulak Karang Selatan dan KWT Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat. Hadir mendampingi wali kota, Kadis Perikanan dan Pangan Guswardi, Ka­bag Kesra Fuji Astomi, dan Plt Camat Padang Utara Erwin.

Menurut Hendri Septa, pandemi yang hampir ter­jadi dua tahun ini telah mem­porak-porandakan eko­nomi masyarakat se­hing­ga perlu sumber-sumber ekonomi baru yang dapat mendukung keta­ha­nan pangan.

“Dengan konsep urban farming kita harapkan da­pat mendukung ekonomi kerakyatan. Kita menyam­but positif, saya lihat tadi masing-masing KWT pu­nya andalan. Seperti KWT Cabe Rawit ada sayur pak­coy dan teh rosella. KWT Mekar Sari punya andalan terong dan tomat. Jika ini difokuskan maka akan d­a­pat dikembangkan men­jadi home industri,” jelas­nya.

Lebih lanjut Hendri Sep­ta mengatakan, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang akan berusaha ke depan bagaimana usaha KWT-KWT yang ada di Ke­lu­rahan dapat berkembang dan menjadi home industri.

“Ada sekitar 100 KWT di Kota Padang  yang harus kita berdayakan. Ini men­jadi potensi ekonomi yang luar biasa. Untuk itu kami harapkan dukungan dari warga Kota Padang bagaimana pengusaha-pegusaha lokal kita dapat berkembang,” pungkas Wako Hendri Septa. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top