Close

UPZ Baznas Semen Padang Sabet 2 Penghargaan dari Baznas RI

PENGHARGAAN BAZNAS— Wakil Ketua UPZ Baznas Semen Padang Rinold Thamrin (kanan) ketika menerima penghargaan dari Anggota Komisioner Baznas RI M. Nadratuzzaman Hosen di Jakarta, Selasa (2/11).

INDARUNG, METRO–Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Pa­dang berhasil menyabet dua penghargaan dari Baz­nas RI, yakni UPZ Terbaik di Bidang Pelaporan dan Terbaik di Bidang Penya­luran.

Kedua penghargaan tertinggi dari Baznas RI tersebut diserahkan  Ang­gota Komisioner Baznas RI  M. Nadratuzzaman Hosen dan Achmad Sudrajat saat rapat Koordinasi Nasional UPZ yang digelar di Jakar­ta, 1-3 November 2021.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Pe­rusahaan PT Semen Pa­dang Oktoweri menyam­paikan apresiasi atas peng­hargaan yang diraih UPZ Baznas PT Semen Padang. “Kami bangga atas pres­tasi ini. Semoga menjadi inspirasi bagi UPZ lain dan bagi perusahaan yang be­lum memiliki UPZ,” kata Oktoweri.

Ketua UPZ Baznas Semen Padang Ampri Satya­wan  juga mengaku senang dan bangga, karena raihan penghargaan dari Baznas RI menandakan bahwa penyaluran dan pelaporan UPZ Baznas Semen Pa­dang sudah sesuai dengan ekspektasi Baznas RI.

“Alhamdulillah ini pres­tasi bagi kita semua. Se­mua telah berkontribusi, baik karyawan, pengurus, pembina serta stakehol­ders lainnya. Mudah-mu­dahan ini menjadi penye­mangat bagi kita untuk mengelola UPZ Baznas Semen Padang dengan lebih baik lagi,” kata Ampri.

Wakil Ketua UPZ Baz­nas Semen Padang Rinold Thamrin yang menerima penghargaan itu menam­bahkan, keberhasilan  me­raih penghargaan itu ka­rena UPZ Baznas Semen Padang dalam menyalur­kan zakat kepada peneri­ma manfaat selalu mem­per­hatikan ketentuan pe­nyaluran dari Baznas RI, seperti tepat sasaran, tera­rah dan terukur serta aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI.

Kemudian dalam pela­porannya ke Baznas RI, UPZ Baznas Semen Pa­dang juga tepat waktu dan sesuai de­ngan ketentuan Baznas RI, seperti format pelapo­ran­nya, dan adanya dokumen-dokumen pene­rima zakat yang disertai dengan Nomor Induk Ke­pendudukan (NIK) peneri­ma zakat, serta foto pene­rima zakat dan lain seba­gainya.

“Jadi, beberapa poin-poin penyaluran dan pela­poran yang selalu menjadi perhatian UPZ Baznas Semen Padang inilah yang menjadi indikator bagi Baz­nas RI, sehingga UPZ Baz­nas Semen Padang me­raih dua penghargaan terbaik dari Baznas RI,” ujarnya ketika didampingi Kepala Pelaksana Harian UPZ Baz­nas Semen Padang Mu­hammad Arif.

Prestasi yang dito­reh­kan UPZ Baznas Semen Padang bukan kali ini saja. Sejak resmi beroperasi pada April 2017, UPZ Baz­nas Semen Padang juga telah meraih penghargaan Baznas Award dengan pre­dikat UPZ Terbaik berturut-turut, yaitu pada tahun 2017, 2018 dan tahun 2019.

UPZ Baznas Semen Pa­dang berdiri 21 Desember 2016 melalui SK Ketua Baz­nas No. 57 tahun 2016 dan mulai beroperasi pada Ap­ril 2017. Sejak mulai bero­pe­rasi hingga sekarang, sudah empat kali UPZ Baz­nas Semen Padang me­raih peng­hargaan dari Baznas RI.

“Penghargaan ini ten­tunya menjadi tolok ukur bagi UPZ Baznas Semen Padang untuk menentukan posisinya dalam penyalu­ran dan pelaporan berada di mana. Penghargaan ini  dapat meningkatkan  moti­vasi kami untuk lebih baik lagi ke depannya,” ujar Muhammad Arif. (rel/ren)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top