Menu

UPTD Puskeswan Gandeng Unsri, Usaha Peternakan Mengangkat Ekonomi Kerakyatan

  Dibaca : 69 kali
UPTD Puskeswan Gandeng Unsri, Usaha Peternakan Mengangkat Ekonomi Kerakyatan
JUMPA LISSA—UPTD Puskeswan gandeng Unsri Palembang gelar Jumpa Lissa, yang bertemakan Berternak Kambing dan Domba yang menguntungkan.

SAWAHLUNTO, METRO
UPTD Puskeswan Sawahlunto gandeng Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang mengadakan Jumpa Lissa (Jumat pagi live bersama Pukeswan Sawahlunto) episode 2. Untuk Jumpa Lissa kali ini mengangkat tema “ Berternak Kambing dan Domba yang menguntungkan”.

Tema tersebut sengaja diangkat sesuai dengan program Walikota dan Wakil Walikota untuk mengangkat ekonomi kerakyatan dalam bidang peternakan. Hal tersebut dengan ditandai tingginya permintaan terhadap bantuan ternak kambing pada tahun 2019 dan tahun 2020 setelah menonton program Jumpa Lissa. Di Jumpa Lissa sesion 2 ini dibahas mengenai manajemen kesehatan dan reproduksi, serta tentang pejantan kambing Noer dan waktu pemberian pakan.

Dosen Peternakan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang Dr drh Langgeng Priyanto MSi menjelaskan, beberapa fokus penting yang mesti diperhatikan dalam memelihara ternak kambing. “Bila memelihara kambing ada beberapa masalah yang dihadapi. Masalah kesehatan yang sering menyerang ternak kambing yaitu penyakit scabies, penyakit pink aye, penyakit org dan penyakit timpani. Untuk masalah Reproduksi yang perlu dipantau yaitu tanda tanda kambing beranak, penanganan setelah kambing beranak, calving interval, ketepatan waktu dikwinkan setelah beranak dan perhatikan mengenai waktu makan serta sistem perkandangan juga recording,” ujar Langgeng.

Drh Feri dari UPTD Puskeswan menambahkan, bahwa pihak Pemko Sawahlunto selalu berupaya dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesehatan ternak kambing baik kambing bantuan pemerintah ataupun swadaya masyarakat. “ Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yan terbaik, dengan turun langsung ke lapangan juga membuat inovasi di antaranya program Jumpa Lissa yang merupakan pelayanan lewat media sosial dengan harapan mampu menjangkau sampai pelosok Kota Sawahlunto dan Indonesia umumnya. Dan ada juga “Lakkeh Sato” dimana tim Puskeswan turun langsung memberikan pelayanan ke kandang-kandang gratis,” kata Feri.

Pada acara Jumpa Lissa banyak dihadiri oleh kelompok-kelompok peternak. Salah satunya Kelompok Peternak Harapan Bersama beserta Bhabinkamtibmas yang menjadi pembinanya. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional