Menu

UPK Teluk Sirih Serahkan Bantuan 1.000 Paving Blok dari FABA ke Mushalla Al–Kaut­sar di ke­lurahan Teluk Kabung Te­ngah

  Dibaca : 60 kali
UPK Teluk Sirih Serahkan Bantuan 1.000 Paving Blok dari FABA ke Mushalla Al–Kaut­sar di ke­lurahan Teluk Kabung Te­ngah
SERAHKAN—Peduli: Manager PLN UPK Teluk Sirih, Mustika Efendi menyerahkan paving blok kepada Lurah Teluk Kabung Tengah, Nasril Doni Eka Putra untuk kelanjutan pembangunan mushala Al-Kautsar, kemarin.

PADANG, METRO–Peraturan Pemerintah No. 22/2021 yang menya­takan bahwa Fly Ash Bottom Ash (FABA) termasuk dalam non-Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (non-LB3), menjadi angin segar bagi PLN.

Bahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hutanan (KLHK) juga sudah mengklaim hasil pemba­karan batubara, Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) masuk sebagai kategori bukan limbah B3 sudah berdasarkan kajian ilmiah.

Ini juga yang membuat PT PLN (Persero) UPK Te­luk Sirih melakukan pe­man­faatan (FABA) atau limbah padat yang diha­silkan dari proses pem­bakaran batubara, menjadi paving blok. Di mana pe­manfaatan limbah abu ba­tubara ini mampu disulap menjadi bernilai ekonomis.

Sebanyak 1.000 paving blok yang dihasilkan dari pemanfaatan FABA dib­e­rikan kepada Rumah Umul Qur’an Mushala Al–Kaut­sar yang bertempat di ke­lurahan Teluk Kabung Te­ngah, kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang.

Pemberian paving blok ini diserahkan langsung Manager PLN UPK Teluk Sirih, Mustika Efendi, ke­pada Lurah Teluk Kabung Tengah, Nasril Doni Eka Putra, beserta pengurus mushala Al-Kautsar.

“FABA tidak lagi masuk kedalam Limbah B3, jadi masyarakat dapat meng­gunakan pemanfaatan FA­BA ini untuk membangun fasilitas umum, membuat pupuk dan masih banyak lagi yang bisa diman­faat­kan dengan menggunakan bahan FABA ini. Tentunya pemanfaatan FABA ini se­suai SOP yang berlaku,” ucap Mustika Efendi usai penyerahan kemarin.

Lurah Teluk Kabung Tengah, Nasril Doni Eka Putra mengaku senang mendapatkan bantuan ter­sebut. “Masyarakat sekitar PLTU Teluk Sirih merasa terbantu di mana Rumah Umul Qur’an ini juga dalam pembangunan. Dengan adanya paving blok dari FABA ini kami bisa mem­bangun pekarangan Ru­mah Umul Quran dan juga ban­tuan-bantuan yang dibe­rikan PLN ini men­dorong perekonomian Bu­ngus, Te­luk Kabung men­jadi lebih baik lagi,” Ucap Nasril.

Ke depan, PLTU Teluk Sirih akan terus berupaya agar FABA dapat diman­faatkan dan bernilai eko­nomis oleh masyarakat sekitar PLTU Teluk Sirih. Harga paving blok dan batako dari FABA ini, juga jauh lebih murah jika diban­dinkan dengan batako bia­sa. Dengan demikian, ini dapat menjadi peluang bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf perekonomiannya.(boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional