Menu

UPK 75 Tahun RI, BI Sumbar Sediakan 1,1 Juta Lembar

  Dibaca : 382 kali
UPK 75 Tahun RI, BI Sumbar Sediakan 1,1 Juta Lembar
DILUNCURKAN— Bank Indonesia (BI) telah merilis uang rupiah khusus pecahan Rp75.000 dalam rangka peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI).

PADANG, METRO
Setelah resmi diluncurkan, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat mulai mengedarkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) berbentuk uang kertas pecahan Rp 75.000 untuk warga Sumbar sejak Selasa (18/8).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, Wahyu Purnama A mengatakan, proses penukaran uang dilakukan di Bank Indonesia tiga jadwal setiap harinya. Yakni pukul 80.00 WIB sampai 09.00 WIB, kemudian jadwal kedua, pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Ditutup sesi pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Penukaran mulai hari ini (kemarin red) sampai 30 September di Bank Indonesia. Selain itu, mulai 1 Oktober akan dibuka di bank umum di lima bank BUMN, dan dua bank swasta. BI Sumbar mendapat jatah 1,1 juta lembar,” kata Wahyu.

Dijelaskan Wahyu, uang kertas Rp75 ribu ini merupakan alat pembayaran yang sah atau legal. Peluncuran tersebut bukan sebagai tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi, namun dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus.

“BI juga pernah mengeluarkan uang khusus saat HUT RI ke 25, HUT RI ke-45, dan HUT RI 50. Artinya terakhir kali BI menerbitkan uang khusus kemerdekaan 25 tahun lalu. Nilai nominalnya juga beda-beda. Bahwa uang ini adalah uang yang berlaku sebagai alat pembayaran sah,” jelas Wahyu.

Untuk mendapat UPK 75 Tahun RI tersebut, setiap orang harus mendaftarkan diri melalui aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Satu orang yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) hanya diperkenankan menukar satu lembar.

“Penukaran dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Bank Indonesia, dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah,” ujar Wahyu.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, proses penukaran dapat dilakukan di Kantor Pusat BI dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri BI, terhitung mulai 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020. Selain di kantor-kantor tersebut, masyarakat umum juga dapat menukar uang rupiah dan mendapat pecahan 75.000 di lima bank umum.

“Masyarakat juga bisa mendapatkan uang tersebut di lima bank umum yang ditunjuk terhitung mulai 2 Oktober 2020,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (17/8).

Adapun kelima bank umum tersebut, di antaranya Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga. Kelima bank umum tersebut ditunjuk BI karena memiliki jaringan kantor cabang yang luas di seluruh wilayah Indonesia.

Sehingga jangkauan layanan penukaran UPK 75 Tahun RI kepada masyarakat diharapkan dapat lebih luas dan merata. Cabang bank umum sebagai lokasi penukaran UPK 75 Tahun RI dapat dilihat dalam menu aplikasi saat memilih lokasi penukaran di aplikasi Pintar di website Bank Indonesia. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional