Close

Upgrade Kompetensi Petugas, PLN Rutin Gelar Kampus Yantek

pelatihan— PLN menggelar kegiatan pelatihan dan upskilling bertajuk Kampus Yantek secara berkala.

PADANG,METRO–Upgrade kompetensi petugas Pelayanan Teknik (Yantek) di lingkungan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar, PLN pun gelar kegiatan pelatihan dan upskilling bertajuk Kampus Yantek secara berkala.

Terakhir, Kampus Yantek digelar di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang pada Kamis (22/09) ini. Joko Susilo, Manajer Bagian Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Padang beserta tim hadir sebagai instruktur pelatihan bagi 25 orang peserta petugas Yantek dari PT Haleyora Power.

Disampaikan Joko, Kampus Yantek mengusung konsep pelatihan dari dan kepada PLN. Maka tenaga in­struktur dalam pelatihan berasal dari internal PLN dengan materi SOP pelayanan teknis dan K3. ‘’Hal ini mengingat PLN memiliki budaya kerjanya sendiri dan un­tuk hal-hal yang bersifat teknis perlu  dibagikan oleh in­struktur yang berpengalaman langsung di bidang­nya. Sifat pelatihannya adalah seperti knowledge sharing,’’ jelasnya lagi.

Pelatihan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta pemahaman petugas Yantek seputar Teknik Pelaksanaan Standar Operation Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (IK), alat kerja dan alat ukur pada pekerjaan Yantek, serta budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Selain materi inclass training, peserta Kampus Yantek pun dapatkan pelatihan lapangan diantaranya terkait pengecekan tegangan menggunakan voltage detector, pembebasan tegangan menggunakan ground cluster, penggantian pin isolator, pengecekan isolator menggunakan isolator tester, perbaikan FCO, hingga simulasi penarikan Unit Gardu Bergerak (UGB).

Nurul Alfiyah, Supervisor Konstruksi PLN UP3 Padang dalam paparan pelatihan menyampaikan, 80% kecelakaan kerja disebabkan oleh unsafe action atau perilaku tidak aman. Maka penting bagi pekerja untuk merubah perilaku unsafe action menjadi safe action.

Beberapa jenis-jenis perilaku aman yang dilakukan karyawan di sebuah perusahaan diantaranya meliputi; selalu menggunakan perlengkapan kesela­matan kerja (APD), melaporkan setiap kecelakaan yang terjadi, mengingatkan pekerja lain tentang bahaya dalam keselamatan kerja, meletakkan material dan peralatan kerja pada tempatnya, bekerja mengikuti prosedur keselamatan kerja, mengikuti kerja sesuai dengan perintah atasan, tidak bergurau dengan rekan kerja sewaktu bekerja, dan tidak pernah melakukan kegiatan berbahaya seperti berlari, melempar, atau melompat.

PLN UIW Sumbar menggelar pelatihan melalui Kampus Yantek secara rutin 1-2 kali sebulan. Ada 4 Kampus Yantek tersebar di lingkungan PLN UIW Sumbar, yaitu Kampus Yantek PLN UP3 Padang, Kampus Yantek PLN UP3 Bukittinggi, Kampus Yantek UP3 Solok, dan Kampus Yantek UP3 Payakumbuh. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top