Menu

Upaya Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi jadi Perhatian Pemerintah Kota Solok

  Dibaca : 373 kali
Upaya Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi jadi Perhatian Pemerintah Kota Solok
BERTEMU—Wali Kota Solok Zul Elfian ketika memberikan arahan di hadapan jamaah di salah satu masjid yang ada di Kota Solok.

SOLOK, METRO–Salah satu yang menjadi per­hatian Pemerintah Kota (Pem­ko)  Solok ke depan yakni program yang berkaitan dengan upaya pemulihan dan pening­katan pere­konomian masya­rakat. Untuk program yang akan dilahirkan harus betul-betul menyentuh masyarakat dalam meng­ge­rakkan roda pere­kono­mian.

Wali Kota Solok, Zul Elfian mengungkapkan, dalam penyu­sunan Rencana Kerja Pe­me­rintah Daerah (RKPD) Kota Solok yang telah ditetapkan, pihaknya meli­batkan banyak pihak agar program yang dilahirkan me­nyentuh kepentingan masya­rakat.

“Tidak hanya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah saja. Akan tetapi instansi ver­tikal, BUMN, Organisasi Ma­syarakat (Ormas), LSM dan tokoh masyarakat juga dili­batkan,” ujar Zul Elfian.

Dalam masa kepemimpinan Zul Elfian- Rahmadhani Kirana Putra dalam penyusunan RKPD, pemerintah daerah Kota Solok tentunya juga merujuk pada arah visi dan misi yang dite­tapkan.

Dalam rencana kerja yang disepakatipun harus ber­lan­daskan pada kepentingan ma­syarakat, sehingga pem­ba­ngu­nan yang dilakukan dapat me­menuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.

Namun lebih jauh, Zul Elfian mengingatkan, pentingnya si­ner­gitas antar organisasi pe­rangkat daerah dalam pelak­sanaan program dan kegiatan dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Percapaian sa­saran atas kegiatan yang telah direncanakan harus terukur.

“Kami berterima kasih atas yang dilaksanakan seluruh OPD, namun tetap kami meng­ha­rapkan kita semua jangan per­nah berhenti berbuat untuk kota ini,” ungkap Zul Elfian.

Untuk upaya peningkatan kemajuan daerah,  Zul Elfian kembali mengingatkan seluruh OPD untuk jangan pernah ber­henti berinovasi dan jangan pernah merasa puas dengan yang telah dicapai.

Berkaitan penyusunan Ren­cana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Zul Elfian menyam­paikan bahwa masih banyak program kegiatan yang harus di pacu pencapaiannya.

Zul Elfian mengajak, seluruh OPD memahami keterbatasan kemampuan keuangan daerah, disisi lain target yang akan di­pacu membutuhkan dana yang besar disamping juga kebutuhan dana rutin ope­rasio­nal OPD. “Kami minta semua OPD dapat memahami kondisi keuangan kita, untuk itu agar semua OPD agar mampu me­nentukan pri­o­ritas program sesuai dengan RPJMD,” ujar Zul Elfian.

Namun lanjutnya peme­rin­tah tetap berusaha mencari peluang untuk penambahan dana dari pemerintah pusat maupun propinsi atas me­ngi­ngat kebutuhan daerah untuk pendanaan program kegiatan relatif besar.  (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional