Close

Upaya Pemko Solok Menekan Laju Penularan HIV/AIDS, Hiddayaturrahmi: Pemetaan Populasi Kuncinya

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota Solok terus berupaya menekan angka penularan penyakit HIV/AIDS ditengah tengah masyarakat. Salah satunya melakukan pemetaan po­pulasi kunci HIV/AIDS. Untuk persiapan pelaksanaan pemetaan populasi kunci HIV tahun 2022, Dinas Ke­sehatan Kota Solok meng­gelar orientasi kegiataan pemetaan HIV/AIDS bagi petugas lapangan dan sta­keholder terkait.

Pemetaan populasi kun­ci itu dipandang perlu da­lam memberikan gambaran epidemi yang terjadi pada kelompok populasi paling berisiko dalam terjadinya epidemi HIV di Indonesia.

Kepala Bidang P3PL Dinas Kesehatan Kota Solok, dr.Hiddayaturrahmi me­ngatakan,  pemetaan me­rupakan alat penting untuk merencanakan intervensi program HIV bagi populasi kunci.

Secara teknis, lanjutnya kegiatan ini dilakukan 2-3 tahun sekali secara berkesinambungan, terutama pada lokasi yang sama. Dalam pembukaan kegiatan itu,.Hiddayaturrahmi menyampaikan, pihaknya akan melakukan pemetaan populasi kunci HIV-AIDS di Kota Solok.

“Pemerintah dalam hal ini Menteri Kesehatan terus berupaya menanggulangi penyakit HIV dengan dikeluarkannya Permenkes Nomor 21 tahun 2013, tentang penanggulangan HIV/AIDS dengan tujuan 3 zero pada tahun 2030. Yakni zero penularan HIV ba­ru, zero kematian kasus AIDS dan zero deskriminasi,” ungkap Hiddayaturrahmi.

Namun kata .Hiddaya­turrahmi, dalam menekan angka penularan penyakit HIV/AIDS, masyarakat agar dapat menjauhi pe­nyakitnya, dan bukan o­rangnya. “Memerangi pe­nyebaran penyakit ini ada sejumlah langkah yang diambil dengan slogan “TOP” Temukan, Obati, dan Pertahankan melalui pembinaan,” tegasnya. Adapun rencana tindak lanjut, pihak Dinas Kesehatan akan me­la­kukan monev relokasi/ tempat populasi kunci, serta melakukan pemetaan populasi kunci HIV – AIDS. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top