Menu

Upaya Mendukung Ekonomi Masyarakat di Daerah Sawahlunto

  Dibaca : 67 kali
Upaya Mendukung Ekonomi Masyarakat di Daerah Sawahlunto
PEMBUTAN BATAKO—Peralatan pembuatan batako dan paving block dengan memanfaatkan FABA (Flat Ash Bottom Ash) yang merupakan abu pembakaran batu-bara.

SAWAHLUNTO, METRO–Sebagai upaya men­du­kung progam pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis usaha mikro se­perti industri rumah tangga (IRT), PLTU Ombilin juga tengah merancang prog­ram kemitraan bersama beberapa BUMDES yang ada disekitar Kota Sawah­lunto. Yaitu untuk mem­bangun industri batako dan paving block yang bahan bakunya menggunakan FA­BA yang dihasilkan sendiri oleh PLTU Ombilin.

Manager PLN UPK Om­bilin Shodiqin mengatakan, PLTU Ombilin telah memiliki ijin pemanfaatan FABA yang dikeluarkan langsung KLHK sebelum terbitnya PP 22 tahun 2021. Sehingga secara administrasi proses peman­faatan FABA tersebut men­jadi produk olahan bahan konstruksi sudah tidak ber­masalah lagi.

Dalam rancangan pro­gramnya, PLTU Ombilin menggandeng beberapa BUMDES sebagai mitra ker­ja memproduksi FABA se­bagai bahan baku produk konstruksi. Nantinya, setiap BUMDES diberikan pela­tihan bagaimana proses produksi pembuatan batako dan paving block dari bahan baku FABA. Pada tahap awal disebutkan, PLN UPK Om­bilin telah menganggarkan dana untuk kepentingan itu sebesar Rp 100 Juta sebagai modal awal.

Nantinya, hasil produksi olahan FABA tersebut akan dilakukan uji kelayakan oleh pihak terkait, baik dari sisi kekuatan maupun ke­ama­nan dalam penggunaannya. Setelah uji kelayakan, pro­duk olahan FABA ini di­man­fatkan oleh BUMDES seba­gai bahan material bang­unan yang diperdagangkan ke pasar sebagai pengha­silan tambahan untuk ke­lang­sungan operasional BUMDES tersebut.

“Harapan kami melalui program kemitraan ini kelak BUMDES bisa mandiri, dan PLN UPK Ombilin akan me­lanjutkan program yang sa­ma untuk beberapa BUM­DES lainya secara bertahap, se­hingga diharapkan de­ngan adanya program ini ma­syarakat dapat lebih me­rasakan dampak positif dari peluang pemanfaatan FABA tersebut menjadi ba­han ba­ku pembuatan pro­duk kon­struksi,” kata Sho­diqin. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional