Close

Upacara Harhubnas 2021 Digelar di Terminal Anak Aia, Pandemi Covid-19 Lahirkan Sejumlah Inovasi di Sektor Transportasi

PIMPIN UPACARA— Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Heri Nofiardi memimpin upacara peringatan Harhubnas Tahun 2021 di Terminal Anak Aia, Kota Padang, Jumat (17/9).

PADANG, METRO–Peringatan Hari Perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2021 ditandai dengan pelaksanaan upacara di shelter lantai III Terminal Anak Aia, Kota Padang, Jumat pagi (17/9). Tampil sebagai inspektur upacara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Heri Nofiardi dan dihadiri seluruh insan perhu­bungan baik dari Kemen­terian Perhubungan serta stakeholder dan mitra.

Heri mengatakan, upacara ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun memepri­ngati Harhubnas. Tema Harhubnas tahun ini, yakni “Bergerak Harmonikan Indonesia”.

Tema ini menurutnya, dimaknai agar momentum Harhubnas tahun ini dapat meningkatkan silahturahim insan perhubungan, abik darat, laut udara dan kereta api. “Melalui upa­cara  ini jadi momentum menjaga persatuan dan kesatuan,” terang Heri, usai upacara Harhubnas Tahun 2021.

Selain upacara, Harhubnas diisi dengan rangkaian kegiatan bakti sosial, yakni, donor darah, anjangsana dan kegiatan olahraga lainnya. “Masing- masing Balai Kementerian Pe­rhubungan juga sudah ada melaksanakan kegiatan Harhubnas,” ungkapnya.

Heri menambahkan, Harhubnas tahun ini kondisinya sama seperti tahun sebelumnya, yakni di masa pandemi Covid-19. Disebutkannya, sudah setahun pandemi Covid-19 terjadi, tentu di sektor transportasi juga mengalami perge­rakan.

Adanya berbagai pembatasan aktivitas masya­rakat, baik itu pembatasan skala besar, noew normal dan pemberlakukan pembatasan kegiatan masya­ra­kat (PPKM), menimbulkan inovasi.

Di mana, adanya ope­ra­tor transportasi yang meng­gunakan sistem pela­yanan menggunakan tekhnologi informasi (IT). Juga ada inovasi aplikasi pemesanan tiket.

“Dalam pelayanannya operator dan petugas juga tidak lagi kontak langsung, seperti melaksanakan ra­pat dengan aplikasi zoom metting,” ungkapnya.

Dalam upaya pencegarhan penyebaran Covid-19 bagi perusahaan operator dan insan perhubung­an, juga telah melaksanakan test swab PCR. Selain itu, juga vaksinasi inisiatif dilaksanakan oleh perusahaan operator, sopir dan kernet.

“Tapi sudah ada inisiatif, karena vaksinasi merupakan persyaratan bagi pengemudi masuk Jawa  dan Bali dan daerah yang melaksanakan PPKM Le­vel 4,” terangnya.

Sementara, Kepala Ba­dan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Provinsi Sumatera Barat, Deny Kusdyana mengatakan, dengan tema peringatan Harhubnas tahun ini, dimaknai mengajak insan perhubungan seluruh Indonesia, untuk terus melakukan inovasi dan bergerak menyatukan kekuatan.

“Artinya bergerak me­nya­tukan kekuatan, supaya pergerakan masya­rakat di seluruh Indonesia dapat dilayani dengan baik dan ditingkatkan pelayanannya,” terangnya.

Deny mengungkapkan, pada tahun ini pihaknya melaksanakan kegiatan pembangunan di bidang perhubungan di Sumbar. Yakni pembangunan Terminal Anak Aia yang sudah selesai dan segera dilakukan uji coba pada 1 Oktober nanti.

Selain itu juga ada juga laksanakan beberapa pembangunan lainnya, yakni, penyelesaian pembangu­nan Dermaga Tahap II di Pelabuhan Samudera Bungus. “Kita juga akan membangun dermaga tahap III tahun 2022 nanti,” ungkapnya.

Kegiatan perhubungan lainnya berkaitan dengan keselamatan jalan. Baik perlengkapan jalan, sosia­lisasi keselamatan, kegiatan zona aman sekolah. “Semuanya kita lakukan setiap tahunnya,” terang­nya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top