Close

Untuk Percepatan Investasi, Mahyeldi Minta Kabupaten/Kota Tindaklanjuti UU Cipta Kerja

RAPAT KOORDINASI— Gubernur Sumbar Mahyledi memberikan arahan saat memimpin rapat koordinasi penyelenggaraan pelayanan perizinan.

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Ba­rat Mahyeldi meminta ka­bupaten dan kota untuk segera menindaklanjuti penguatan pelayanan invenstasi yang diamanatkan oleh UU Ciptakerja untuk memberikan kemudahan berusaha di daerah. “Peluncuran OSS berbasis risiko merupakan salah satu implementasi kemu­dahan perizinan sesuai UU Cipta Kerja yang wajib segera ditindaklanjuti di daerah,” katanya saat mem­buka Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pela­ya­­nan Perizinan dan Non Perizinan Provinsi Suma­tera Barat, di Hotel Grand Rocky Bukittinggi, Rabu (15/9)

Menurutnya aplikasi OSS tersebut merupakan reformasi yang sangat signifikan di bidang perizinan yang terintegrasi dan terpadu serta menghubungkan empat aplikasi diba­wah ruang lingkup kabupaten kota, ruang lingkup provinsi, Kementerian/Lembaga dan aplikasi yang berada di pusat di Kementerian Investasi.

“Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mengurus izin berusaha,” ujarnya.

Penguatan pelayanan pe­rizinan di daerah yang di­atur UU Ciptakerja juga terlihat dengan diaturnya ke­wa­jiban gubernur, bupati/wa­­likota dalam pela­yanan bi­dang berusaha sesuai pera­turan perundang-undangan.

Mahyeldi menegaskan terkait percepatan pela­yanan perizinan di daerah maka perlu dilakukan beberapa hal yaitu segera  merevisi Peraturan Dae­rah dan Peraturan Kepala daerah untuk menyikapi UU Ciptakerja dan aturan turunannya.

Kemudian menyelenggarakan pelayanan peri­zinan memanfaatkan aplikasi OSS berbasis risiko, dan terus berkoordinasi dengan dinas teknis terkait di provinsi dan pusat untuk mengatasi berbagai kendala percepatan investasi di daerah.

Rapat koordinasi itu ikut dihadiri Kadis PMPTSP Sumbar, Maswar Dedi, Kadis Koperasi Sumbar Naz­wir, Kadis Kehutanan Yo­zarwardi, Kadis Lingkung­an Hidup Sumbar Siti Aisyah dan Kadis PMPTSP se-Sumbar.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top