Close

Untuk Masyarakat Lumajang Terdampak Letusan Semeru, Gubernur Lepas 1,5 Ton Rendang

RENDANG UNTUK KORBAN ERUPSI— Jelang keberangkatan, Gubernur Sumbar Mahyeldi cek dan melepas bantuan 1,5 ton rendang didampingi Plt Kalaksa BPBD Sumbar Mulyadi.

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Barat, Mah­yeldi melepas secara resmi pe­ngiriman bantuan 1,5 ton rendang untuk korban bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur. “Pemprov dan masyarakat Sumbar turut berduka dengan musibah yang menimpa saudara kita di Lumajang karena mele­tusnya Gunung Semeru. Untuk itu kita mengirimkan 1,5 ton rendang bagi korban di sana,” katanya saat melepas bantuan di halaman Is­tana Gubernur Sumatera Barat, Minggu (12/12).

Ia menyebut bantuan yang terkumpul itu berasal dari ma­syarakat, BUMN/BUMD, Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak lain yang peduli dengan nasib saudara sebangsa.

Total bantuan yang terkumpul 1,3 ton. Gubernur menambah 200 kilogram untuk mencukupkannya menjadi 1,5 ton. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa me­ri­ngankan beban saudara kita di Lumajang. Ini bantuan tahap I, kita akan tetap menggalang dana untuk bantuan lainnya,” katanya.

Mahyeldi juga mengajak ma­syarakat di kabupaten dan kota untuk ikut mengumpulkan dana secara terpisah untuk membantu korban bencana.

Ke depan, ia mewacanakan untuk membuka rekening donasi khusus untuk kepentingan sosial. Dana yang terkumpul akan disa­lurkan jika terjadi bencana di ma­napun di Indonesia.

“Jadi bentuknya bukan lagi insidentil seperti sekarang, tetapi benar-benar terkelola. Mungkin nanti di bawah pengawasan dan pengelolaan Biro Kesra,” ujarnya.

Ikut hadir dalam pelepasan tersebut Plt Kalaksa BPBD Sumbar, Mulyadi. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top