Menu

Untuk Kemajuan Daerah, Anak Muda harus Lebih Kreatif

  Dibaca : 100 kali
Untuk Kemajuan Daerah, Anak Muda harus Lebih Kreatif
BERSEPEDA— Plt Wako Pariaman Mardison Mahyuddin bersama jajaran SOPD bersepeda keberbagai pelosok nagari melihat langsung hasil pembangunan dan menjemput aspirasi warga.

Plt Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin sangat mendukung apa yang dilaksanakan Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Syaifullah di Kota Pariaman.

“Salah satunya beliau memperkenalkan sejumlah program pemberdayaan tentang ekonomi kreatif kepada puluhan pemuda di Kota Pariaman. Kita sangat mendukung kegiatan tersebut untuk mencetak generasi muda yang lebih kreatif lagi di Kota Pariaman,” kata Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, kemarin.

Sebelumnya, Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Syaifullah menyatakan Kota Pariaman memiliki potensi dan banyak anak mudanya kreatif.

Namun banyak dari mereka tidak update dengan program yang kami punya Itulah perlu digerakan untuk lebih giatkan lagi untuk kemajuan daerah yang lebih baik.

Apalagi katanya, ada program yang dimiliki Kemenparekraf terkait dengan pengembangan bisnis dan cerita yang pengajarnya dari kalangan profesional.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga membuat festival film pendek yang hadiahnya jutaan rupiah namun tidak dimanfaatkan oleh pemuda di Pariaman.

“Jadi banyak yang nggak (tidak) tahu, jadi kedatangan saya diharapkan bisa membantu mengembangkan potensi anak muda di Pariaman,” katanya.

Ia mengatakan pada saat pertemuan dirinya melihat banyak pemuda yang pesimis dengan kondisi yang dimiliki mulai dari lokasi dan peralatan.

“Padahal selama kita memiliki jaringan internet maka lokasi tidak menjadi masalah,” ujarnya.

Ia menyampaikan untuk yang tinggal di daerah justru diuntungkan dengan bahan baku yang mudah didapat sehingga biaya produksi bisa menjadi murah. Namun produk yang dibuat harus dikemas dengan baik serta dapat dijual melalui internet.

Apalagi, kata dia saat ini transaksi jual beli dilakukan secara non tunai yang biaya pengirimannya dilimpahkan kepada pembeli sehingga dapat menguntungkan pelaku usaha.

“Untuk distribusi juga mudah dengan adanya pembangunan infrastruktur serta tol laut,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono mengatakan peserta pelatihan tersebut merupakan pelaku usaha kreatif di daerah itu baik dari bidang videografi, fotografi, kesenian, maupun pelaku usaha.

“Sebenarnya banyak pelaku usaha ekonomi kreatif di Pariaman namun sedikit karena menyesuaikan protokol adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan kedatangan Direktur Ekonomi Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kemenparekraf maka pelaku usaha ekonomi kreatif di daerah itu dapat memanfaatkan program yang ada untuk peningkatan perekonomian. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional