Close

Untuk Keluar dari Status PPKM Level IV di Kota Padang, Feri Mulyani: 14 Ribu Warga lagi harus Divaksin

VAKSINASI PELAJAR— Para pelajar SMP mengikuti program vaksinasi, sebagai salah satu syarat untuk PTM dan membantu percepatan realisasi pencapaian vaksinasi di Kota Padang.

AIAPACAH, METRO–Untuk dapat keluar dari status Pemberlakuan Pem­batasan Kegiatan Masyara­kat (PPKM) Level 4, capaian vak­sinasi di Kota Padang ha­rus mencapai 37 persen dari target vaksinasi nasional, sedangkan saat ini baru tercapai 35,11 persen. Arti­nya sekitar 2 persen lagi target capaian vaksin ha­rus terpenuhi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kese­ha­tan Kota Padang Feri Mu­lyani Hamid, Selasa (21/9). Kadis Kesehatan Kota Pa­dang itu menjelaskan, saat ini warga Kota Padang yang sudah divaksin ber­jumlah 255.096 jiwa atau sekitar 35,11 persen, dari jumlah target 726.000 jiwa. Sementara secara na­sio­nal dibutuhkan 37 per­sen vaksinasi agar keluar dari PPKM Level 4.

“Jadi kita mengharapkan kesediaan 2 persen lagi atau sekitar 14 ribu orang lagi untuk divaksin sehingga kita dapat keluar dari PPKM Level 4 ini. Di samping itu juga butuh data lengkap tracing yang dilakukan oleh Babinsa babinkamtibmas,” jelasnya.

Feri menambahkan, ber­dasarkan assesment kesehatan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Su­matera Barat, Kota Padang sudah berada pada Level 3. Indikator penilaian yang dilakukan seperti halnya positif rate kurang 1 persen.

“Saat ini juga angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang sudah mencapai 97 persen. Sisa kasus positif saat ini sebanyak 350 orang dari jumlah yang terpapar sebelumnya sebanyak 41.000 ribu orang. Beberapa tempat ka­rantina dan rumah sakit juga sudah kosong,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang melalui juru bicaranya Amrizal Rengganis mengatakan, untuk mencapai target vaksinasi secara nasional, Pemerintah Kota Padang akan me­nge­luarkan surat edaran un­tuk mewajibkan seluruh Apa­ratur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang untuk mengikuti vaksin.

“Kita juga akan membuat surat edaran untuk lembaga pendidikan dan mewajibkan untuk vaksin. Khusus untuk anak murid SMP dan SD, kita hanya mengizinkan sekolah tatap muka bagi murid yang su­dah divaksin,” terang Amrizal Rengganis.

Lebih lanjut Amrizal menerangkan, Wali Kota Padang bersama pimpinan SKPD terkait juga akan mengadakan rapat menindaklanjuti perkembangan PPKM Level IV, dan berusaha mencarikan solusi supaya Padang bisa keluar dari PPKM Level 4 ini.

“Selasa Sore nanti bapak Wali Kota Padang akan lakukan rapat evaluasi pen­capaian vaksinasi Covid-19. Kita akan lihat berapa jumlah warga Kota Pa­dang yang divaksin baik dari kalangan ASN Pemko Padang sendiri, guru dan pelajar. Sehingga kita bisa carikan solusi agar target vaksinasi dapat tercapai,” pungkasnya. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top