Close

UNP Targetkan Miliki 100 Guru Besar di Tahun 2022

DIKUKUHKAN—Rektor UNP Prof Ganefri saat mengukuhkan empat guru besar di UNP, Kamis (6/5).

PADANG, METRO
Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mengukuhkan empat Guru Besar melalui Rapat Senat Terbuka di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar, Kamis (6/5). Dengan pengukuhan itu, UNP kini memiliki 78 orang Guru Besar.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah guru besar pada tahun 2022 sebanyak 100 orang. Tentunya, Untuk mendapatkan guru besar para dosen-dosen harus menghasilkan karya-karya inovatif, semakin banyak guru besar maka institusi atau lembaga itu pasti semakin banyak menghasilkan karya inovatifnya.

“Dengan peningkatan jumlah guru besar diyakini dapat meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan,” kata Prof Ganefri usai mengukuhkan empat guru besar UNP yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dijelaskan Prof Ganefri, saat ini UNP sudah memiliki 78 guru besar, dan ada 16 lagi yang sedang proses di kementrian. Ia yakin hal itu bisa terwujud setelah UNP berhasil meraih rangking 5 dalam publikasi ilmiah internasional bereputasi terindeks Scopus di 2021.

“Dengan prestasi yang diraih UNP tersebut dapat membuktikan bahwa karya-karya inovatif dosen UNP yang dipublish di jurnal-jurnal bereputasi sudah banyak. Jika banyak karya dosen yang dipublish dalam jurnal bereputasi maka dosen akan banyak yang naik jabatan karena salah satu kesulitan dosen naik pangkat yaitu memenuhi publikasi karya ilmiah,” ujarnya.

Prof Ganefri menegaskan, ia akan selalu mendorong dosen untuk terus meningkatkan kualitas dalam menghasilkan karya inovatif sebab hal itu akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Menurut dia, dosen-dosen yang aktif meneliti tentu akan memberikan ilmu-ilmu yang baru kepada mahasiswa, sehingga yang diajarkan itu tidak lagi usang namun berdasarkan hasil riset.

”Dosen harus kaya dengan karya yang baru oleh sebab itu capaian seorang guru besar itu adalah jenjang gelar akademik yang tertinggi. Itulah jenjang karir seorang dosen,” ujarnya.

Dikatakan Prof Ganferi, jenjang karir dosen bukanlah menjadi rektor, dekan ataupun ketua jurusan, sebab itu hanya tugas tambahan. Jenjang karir dosen itu harus bisa mencapai puncak tertinggi gelar akademiknya yaitu guru besar.

“Persentase antara guru besar dan dosen di UNP memang masih kecil. Jumlah dosen UNP ada 1.252 orang sedangkan guru besar berjumlah 78 orang. Idealnya target guru besar 10 hingga 15 persen dari total dosen UNP, artinya UNP masih butuh 50-60 guru besar yang harus didorong dalam waktu dekat dan ini akan terus berkembang,” pungkasnya.

Empat guru besar UNP yang dikukuhkan hari ini berasal dari dua Fakultas, yakni Prof Dr Bafirman. M. Kes, AIFO dan Prof Dr Alnedral, M.Pd dari Fakultas Ilmu Keolahragaan. Kemudian dari Fakultas Ilmu Pendidikan ada Prof Dr Hadiyanto, M. Ed dan Prof Dr Daharnis, M.Pd. Kons.

Lalu, pada 4 Mei 2021 telah diterima lagi 2 SK guru besar baru, yakni Prof Dr Usmeldi, M.Pd dari Fakultas Teknik dan Prof Dr Yerizon, M,Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Rencananya dua guru besar itu akan dikukuhkan dua bulan lagi. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top