Close

UNP Gelar Pengabdian Masyarakat di Nagari Maninjau, Pelatihan Tata Rias Gaun dan Hijab Pengantin

BERSAMA WALI NAGARI—Dosen Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP foto bersama dengan Wali Nagari Maninjau Alfian Dt Kayo dan peserta usai pelatihan tata rias gaun dan hijab pengantin, Jumat-Sabtu (13-14/8).

AGAM, METRO–Akademisi Universitas Negeri Padang (UNP) me­lakukan pengabdian ma­syarakat di Nagari Ma­ninjau, Kecamatan Tan­jung Raya, Kabupaten Agam. Dosen dari Fa­kultas Pariwisata dan Per­hotelan itu membaur de­ngan masyarakat, agar ilmu yang dimiliki juga bisa diimplementasikan langsung.

 Dua dosen, Vivi Efria­nova SST MPd dan Dr Yusmerita M Pd yang men­jadi pembimbing ke­giatan masyarakat me­nga­takan, pelatihan-pe­latihan dilakukan untuk meningkatkan pro­duk­tivitas masyarakat. M­e­ningkatkan nilai tambah masyarakat, terutama ibu rumah tangga (IRT). “Pe­ng­abdian kepada masya­rakat ini dalam program kemitraan masyarakat dan UNP,” kata Vivi, Ming­gu (15/8).

 Khusus dosen yang datang ke Maninjau, kata Vivi, melakukan pe­ning­katan penerapan Iptek dan keterampilan tata rias pengantin gaun panjang dan penataan hijab pe­ngantin bagi ibuk-ibu PKK dan remaja putri. “Peserta yang ikut tata rias ada 10 orang dari warga. Se­banyak lima orang yang merias dan lima orang lagi menjadi model,” katanya.

 Yusmerita menam­bahkan, secara teknis, acara digelar dua sesi. Sesi pertama dilakukan Jumat (13/8) dengan pe­masangan nail art, nail extention dengan polyvel dan nail art 3D (dimensi). Sementara Sabtu digelar pelatihan merias wajah pengantin gaun anjang muslim dengan teknik cuterease. “Pemasangan hijab pengantin dan show tata rias pengantin gaun panjang Muslim juga di­ajarkan,” katanya.

 Dia menyebutkan, pe­ngabdian masyarakat ini digelar 3 bulan, dari Juli sampai September 2021. “Pada Juli kita gelar secara online via zoom meeting, dengan memastikan ca­lon-calon peserta yang akan dilatih langsung. Agustus baru praktek ta­tap muka. Minggu depan juga akan ditambahkan penerangan teori dengan zoom,” katanya.

 Wali Nagari Maninjau  Alfian Dt  Kayo mengu­capkan terima kasih dan berharap kerja sama ini akan berlanjut dengan baik. Sehingga ke depan, ada penambahan-pe­nam­bahan program lain dari UNP.  “Kami berharap kepada peserta yang ikut dalam program tata rias ini bisa mengembangkan ilmu yang telah diberikan pihak UNP tersebut. Bah­kan bisa menjadi usaha untuk meningkatkan pere­konomian keluarga,” kata Alfian. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top