Close

Unit Kerja Kantor Imigrasi bakal Berdiri di Dharmasraya, Sutan Riska: Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah

WAWANCARA—Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan didampingi Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto saat diwawancarai sejumlah awak media dalam agenda Pelepasan Ekspedisi Sungai Batanghari.

DHARMASRAYA – METRO–Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan menjalin kerjasama dengan Kantor Imigrasi Padang untuk membuka Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2022. Kehadiran Kantor Imigrasi Kabupaten Dharmasraya nantinya a­kan mempermudah ma­sya­rakat setempat dan sekitarnya dalam hal me­ngurus dokumen keimigrasian seperti permohonan paspor baru, pengantian selain hilang dan rusak, dan lainnya.  “Mudah-mudahan rencana kerjasama ini dapat terealisasi secepatnya, kalau kantor imigrasi sudah ada di daerah kita masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor di Pa­dang maunpun Kabupaten Agam mengurus dokomen keimigrasian,” kata Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan disela sela kegiatannya kunjungan kerjanya di Pulau Punjung Minggu (15/7).

Sutan Riska menyebutkan, rencana kerjasama pembentukan UKK Imigrasi di daerah ini akan men­dapat mendapat dukungan penuh dari Pemkab Dharmasraya.

Disebutkannya pembentukan UKK tersebut tergantung bagaimana kesiapan Pemkab dalam me­nyediakan kantor, sarana dan prasarana, serta hal lainnya, bebernya.  “Karena bagaiamanapun rencana ini tergantung kita sepakat mendukung penuh rencana tersebut, termasuk dalam dukungan anggaran yang diperlukan,” tegasnya.

Menurutnya, dikeimigrasian kehadiran UKK Imigrasi Kabupaten Dharmasraya tidak hanya mem­permudah masyarakat setempat, melainkan beberapa warga di wilayah Ka­bupaten Sijunjung juga akan mendapatkan kemu­dahan karena secara geo­grafis daerah tersebut bertetangga.

Ia mengatakan pengurusan dokumen keimigrasian cukup diminati warga setempat, hal ini terlihat saat Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Imigrasi Padang dalam membuka layanan jemput bola bagi warga yang hendak mengurus paspor berapa waktu lalu.  “Berapa waktu lalu Imigrasi Padang membuka layanan jemput bola di Kabupaten Dharmasraya selama satu hari, d­i­sana terlihat minat masya­rakat cukup tinggi. Jadi, ini sekaligus yang kita follow up,” ungkapnya.

Sutan Riska berharap keberadaan Kantor UKK Imigrasi Dharmasraya nan­­tinya menjadi fasilitas pelayanan publik yang mu­dah, murah, cepat, dan berbanding lurus dengan ting­kat kepuasan masya­rakat terhadap kinerja pemerintah.  “Kita ingin se­gala urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan publik harus di­buat semudah dan sedekat mungkin, hadirnya kantor Imigrasi di Dharmasraya diharapkan menjadi jawaban terhadap kendala yang dihadapi masyarakat untuk mengurus dokumen keimigrasian,” tukasnya. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top