Menu

Ungguli Survei dari Pasangan lain, SBLF Riset: Mahyeldi-Audy Berpeluang Menangi Pilgub Sumbar

  Dibaca : 1461 kali
Ungguli Survei dari Pasangan lain, SBLF Riset: Mahyeldi-Audy Berpeluang Menangi Pilgub Sumbar
BERMAIN SEPAKBOLA— Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi bermain sepakbola bola bersama pemuda Kota Pariaman, Selasa (2/11).

PADANG, METRO
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di depan mata. Tahun ini, Pilgub Sumbar merupakan salah satu kontestasi yang diperebutkan empat pasangan calon. Empat calon berebut menggantikan Gubernur Sumbar dua periode, Prof Irwan Prayitno.

Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat itu antara lain Pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni, pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri, pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar dan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Direktur Sumatra Barat Leadership Forum (SBLF) Riset Edo Andrefson menyebutkan, kontestasi Pilgub Sumbar menjadi sangat dinamis. Karena semua pasangan dianggap memiliki peluang yang sama untuk memenangkan hati masyarakat Sumbar pada pemilihan 9 Desember 2020.

Dipaparkannya, berdasarkan hasil survei terbaru Pilgub Sumbar, pasangan calon Mahyeldi-Audy Joinaldy unggul dibandingkan kontestan lainnya. Kandidat Doktor Universitas Negeri Padang (Padang) menyebutkan, pasangan yang diusung PKS dan PPP dinilai sebagai yang paling cocok meneruskan kepemimpinan Sumbar ke depan.

“Mahyeldi-Audy memimpin di posisi teratas. Bahkan saat ini dengan jarak 10 persen dengan posisi nomor dua, yaitu Mulyadi-Ali Mukhni (Demokrat dan PAN). Lalu selanjutnya disusul Nasrul Abit-Indra Catri (Gerindra) dan posisi terakhir Fakhrizal-Genius Umar (Golkar, NasDem dan PKB),” jelasnya dalam siaran tertulis yang dikutip media ini beberapa waktu lalu.

Mahyeldi Ansharullah yang kini menjabat sebagai Wali Kota Padang itu katanya mendapatkan dukungan mayoritas dari pemilih Kota Padang dan beberapa daerah besar di Sumatra Barat. Dari hasil riset didapatkan bahwa pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy didukung oleh pemilih milenial dan pemilih muda.

Pasangan ini, diungkapkan Edo, mendapatkan keuntungan, karena merupakan pasangan Cagub yang paling muda dan memiliki cawagub yang berasal dari kalangan milenial. “Dari penggunaan media sosial dan aktivitas kampanye, lebih banyak menyentuh kaum muda,” jelas Edo.

Tidak itu saja, Mahyeldi-Audy juga cocok di hati emak-emak di Sumbar yang cenderung pada sosok pemimpin religius. Karena satu-satunya calon Gubernur yang dianggap religius hanya Mahyeldi. “Begitupun pemilih emak-emak, kharisma seorang datuak dan ulama Mahyeldi-Audy paling banyak diminati kaum bundo kanduang,” tambahnya yang mengatakan Mahyeldi-Audy berpeluang memenangi Pilgub Sumbar.

Alasan memilih paslon, lanjutnya, dari rekam jejak dan karakter membuat pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy mengungguli jauh.

Sebab kesuksesan memimpin Kota Padang yang menjadi ibukota provinsi yang menjadi sorotan warga seluruh kabupaten atau kota di Sumbar. “Ditambah sorotan Mahyeldi sebagai seorang datuak dan ulama yang mencirikan karakter pemimpin Sumbar yang ideal,” jelasnya.

Ketua Tim Mahyeldi-Audy, Mochlasin menyebutkan, hasil survei SBLF yang terakhir mereka terima adalah akhir Oktober. “Hasilnya memang cukup naik dibandingkan dua bulan sebelumnya. Artinya, pasangan calon dan tim bekerja dengan baik dan mendapatkan sambutan dari masyarakat. Kami yakin, hasil ini bukan segalanya dan masih bisa terus berubah,” katanya.

Juru Bicara Mahyeldi-Audy, H Mulyadi Muslim Lc MA menyebutkan, hasil survei yang tinggi tidak membuat mereka jemawa dalam bertindak. Itu hanyalah evaluasi dari apa yang telah dikerjakan tim selama kampanye dan sebelumnya. Dia meyakini, potensi Mahyeldi-Audy masih sangat tinggi dan akan terus bertambah sebulan ke depan jelang pemilihan.

“Kami punya referensi cukup banyak hasil survei dan menjadikannya bahan untuk evaluasi kinerja. Insya Allah, pasangan Mahyeldi-Audy berada di hati masyarakat Sumbar dan memenangkan Pilgub ini. Kami akan terus bekerja menyosialisasilan Sumbar Madani di semua Kabupaten/Kota di Sumbar,” katanya. (*/uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional