Close

UMMY Solok Gelar Praktikum dengan Prokes

SOLOK, METRO–Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Informatika UMMY Solok  akhirnya kembali membuka pembelajaran  tatap muka untuk pelaksanaan Praktikum yang tidak bisa dilakukan secara daring.  Ketua Prodi Fakultas Eko­nomi UMMY Solok  Ruri mengatakan, kegiatan prak­tikum ini dilaksanakan sebagai pengaplikasian dari perkuliahan yang telah dilakukan mahasiswa de­ngan tema “Peningkatan Softskill dan Hardskill yang diikuti oleh Mahasiswa D3 Manajemen Informatika dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”, dengan pemateri Yendi Putra S­Kom MKom. Kegiatan ini diikuti mahasiswa angkatan 2018.

Ruri menjelaskan,  tahap persiapan laboratorium  hanya dibuka untuk praktikum-praktikum yang tidak dapat tergantikan dengan daring termasuk penelitian dalam rangka penyelesain Tugas Akhir.

Menyiapkan rencana operasional yang terlibat dan bertanggungjawab yang minimal menyebutkan di mana kegiatan ter­sebut; Apa yang dilakukan; Kapan dilakukan; Siapa yang melakukan dan bertanggungjawab dan bagai­mana cara melakukannya.

Menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan (Thermogun, face shield, masker, hand sanitizer, Wastafel (Sabun Cuci Tangan dan Air). Pastikan sirkulasi udara di dalam ruang laboratorium berjalan dengan baik. Pastikan peralatan keamanan dan keselamatan kerja di dalam laboratorium berfungsi dengan baik. Pastikan peralatan laboratorium berjalan dengan baik atau tidak ada kerusakan/ gangguan.

Pastikan peralatan yang digunakan telah di­beri desinfektan. Pastikan ventilasi ruang laboratorium/ bengkel berjalan de­ngan baik. Pastikan semua peserta atau yang terlibat dalam kegiatan praktikum telah memahami SOP labo­ratorium dengan baik.

Tahap pelaksanaan Pe­laksanaan kegiatan berpegang pada prinsip keama­nan dan kesehatan, Semua yang terlibat dalam pelaksanaan praktikum harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk saling jaga, lindungi dan pantau segala kemungkinan yang dapat menjadi penyebab penularan Covid-19.

Peserta praktikum wajib hadir 15 menit sebelum kegiatan dimulai. Pas­tikan jumlah orang di dalam ruangan tidak terlalu ramai (10-15 orang mahasiswa)

Memastikan peserta kegiatan praktikum diperiksa suhu badan dan kondisi kesehatanya sebelum ­m­e­ngikuti praktikum (hanya yang sehat atau tidak berisiko). Skrining suhu tubuh dengan bantuan alat infrared thermometer (ther­mogun) dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa di depan pintu masuk dengan aturan:

Sementara itu Juita Su­kraini,SE MSi Dekan Fakultas Ekonomi menyambut, baik dan mendukung penuh kegiatan Praktikum yang diadakan oleh Prodi Manajemen Informatika, lebih jauh Juita yang akrab disapa ayu ini akan berencana mengadakan acara praktikum ini setiap semester­nya.

Rektor UMMY Solok Prof Syahro Ali Akbar me­ngatakan, mengenai  softskill dan hardskill di dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0″ berharap kepada mahasiswa untuk lebih semangat dalam menghadapi pembelajaran khu­susnya di bidang Informatika dan Teknologi (IT). “Diharapkan mahasiswa le­bih semangat dalam menghadapi pembelajaran di bi­dang IT,” ujar Syahro. (*/vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top