Close

UMKM Penyelamat Krisis Global di Kota Pariaman

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Arlym Genius, menjadi narasumber dalam webinar nasional yang bertajuk gerakan nasional literasi digital 2021, kemarin, dilaksanakan secara daring dengan 160 orang peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

PARIAMAN, METRO–Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dek­ra­nasda) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Arlym Genius, menjadi narasumber da­lam webinar nasional yang bertajuk gerakan nasional literasi digital 2021, ke­marin, dilaksanakan se­cara daring dengan 160 orang peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Dalam materinya, Ny. Lucyanel Arlym mengang­kat tema strategi wira­usaha digital. Tema ini sangat perlu dimana peme­rintah Indonesia melihat adanya potensi ekonomi Indonesia yang bertumpu pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi penyelamat Indonesia dari inflasi dan krisis global.

“Dalam lima tahun te­rakhir, kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) me­ningkat dari 57,84 Persen menjadi 60,34 Persen,” ujar Ny. Lucy, kemarin.

Ny. Lucyanel menje­laskan, ada beberapa kunci dalam upaya menjadi wira usaha digital yang sukses, yakni berinovasi dengan teknologi, kemampuan me­ngu­bah peluang, me­m­bangun relasi suatu usaha serta membangun dan men­dapatkan mitra kerja yang handal untuk mengem­bangkan usaha. Berda­sarkan acuan tersebut di­atas, menurut Ny. Lucy, Dekranasda Kota Paria­man telah melakukan du­kungan terhadap UMKM yang ada di Kota Paria­man.

Dukungan tersebut a­da­lah Memberikan moti­vasi dan pembinaan dalam aplikasi digital bagi marketing  usaha UMKM, be­kerjasama dengan Marketplace untuk menge­dukasi pelaku UMKM se­perti dengan Tokopedia, serta menyediakan sarana promosi produk untuk pe­masaran bagi pelaku UM­KM  yang berada  di kawa­san wisata Kota Pariaman dengan membangun ge­dung promosi galeri dekra­nasda, Rumah Kreatif, Ga­leri Muaro dan Business Development Center (B­DC) Angso Duo.

“Namun, yang terlebih penting, saat ide untuk memulai usaha muncul, langkah nyata yang dapat langsung dimulai oleh se­orang wirausaha digital adalah membuat rencana bisnis, karena dengan pe­rencanaan yang matang dapat memperkecil risiko, agar apa yang diharapkan terjadi tidak meleset de­ngan kenyataan atau paling tidak menyimpang se­dikit dari yang diper­ki­rakan,” papar Ny. Lucy mengakhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top