Menu

UMKM Diminta segera Masuk Ekosistem Digital

  Dibaca : 144 kali
UMKM Diminta segera Masuk Ekosistem Digital
UMKM Diminta segera Masuk Ekosistem Digital

JAKARTA, METRO
Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Luhur Pradjarto, meminta para pelaku usaha, khususnya UMKM agar segera tergabung ke dalam ekosistem digital. Pasalnya, UMKM digital terhitung produktif di tengah pandemi ini.

“Untuk bertahan UMKM perlu beradaptasi dengan kondisi akibat pandemi Covid-19, salah satunya memasuki ekosistem digital. UMKM digital produktif kunci pemulihan ekonomi,” kata dia dalam webinar Peluncuran Program AKSILERASI Ninja Xpress, Kamis (24/9).

Adapun, berdasarkan data McKinsey sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, penjualan via e-commerce naik tajam, bahkan mencapai 26 persen per harinya atau dengan total sebanyak 3,1 juta transaksi.

Akan tetapi, berdasarkan data pemerintah hingga pertengahan 2020 baru 8 juta UMKM yang memanfaatkan penjualan secara digital. Di mana ini setara 13 persen dari total populasi UMKM di Indonesia.

Untuk itu, pihaknya mendorong agar ada kolaborasi lebih intensif lagi antar kementerian/lembaga (K/L), pemerintah daerah (Pemda), hingga asosisasi agar UMKM mulai masuk ke ekosistem digital. Dengan begitu, UMKM pun dapat bersaing di pasar domestik serta global.

“Tingginya tren transaksi ini, menjadi kesempatan bagi UMKM untuk cepat masuk ekosistem digital. UMKM harus mampu menjadi pemain di pasar lokal maupun global,” imbuhnya.

Adapun, berbagai upaya juga telah dilakukan pemerintah untuk mendorong percepatan transformasi digital bagi UMKM hingga saat ini. Salah satunya alokasi dana sebesar Rp 123,46 triliun untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khusus sektor UMKM.

Bukan itu saja, untuk usaha mikro yang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, pemerintah juga menyiapkan bantuan modal kerja, yaitu Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro berupa hibah Rp 2,4 juta untuk 12 juta pelaku usaha mikro.

“Program ini diharapkan membantu untuk pelaku usaha mikro dapat menambah modal kerja. Serta mencapai target bagaimana menjadikan UMKM naik kelas dan modernisasi,” katanya. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional