Close

Ukur Kinerja Kepala Madrasah MTsN 6 Piladang, Kanwil Kemenag Provinsi Suma­tera Barat Lakukan Penilaian

SAMBUTAN—Kakan Kemenag Limapuluh Kota H.Naharudin saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah di MTsN 6 Piladang.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Tim penilai kinerja kepala madrasah (PKKM) Kanwil Kemenag, Provinsi Suma­tera Barat, disambut hangat Kakan Kemenag Lima Puluh Kota, H.Naharudin di MTsN 6 Piladang, Lima Puluh Kota, Rabu (22/9) pagi.

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag, Provinsi Sumbar, Drs. H.Sam­syul Arifin, M.Pd, yang me­mimpin rombongan menyampaikan bahwa, penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam rangka mengukur kinerja Kepala Madrasah. Untuk saat ini penilaian khusus yang 4 tahunan.

Dia juga mengatakan hal-hal yang dinilai dari Kepala Sekolah Madrasah di­lingkungan Kanwil Kemenag, Sumatera Barat, ada Lima. Seperti, manajerial, Ke­wi­rausahaan, Supervisi, Pres­­­­tasi dan Pola Kerja. “Dari akomulasi penilaian itu akan menentukan posisi Kepala Sekolah nantinya,” ungkap Syamsul Arifin, kepada wartawan.

Bila hasil penilaian ku­rang, sebutnya maka Kepala Madrasah akan dilakukan pembinaan dan pelatihan seperti wordshop. Bila tidak juga bisa dibina dan memperlihatkan kinerja yang baik, maka akan dikembalikan kepada posisi semula yaitu guru. “Ya, sebenarnya Kepala Sekolah itu kan Guru yang diperbantukan menjadi Kepala Sekolah, jadi kalau su­dah tidak bisa dibina maka kita akan kembalikan pada posisi guru kembali. Dan bagi yang berprestasi akan kita beri reword,” sebutnya.

Kepala Kemenag Lima Puluh Kota, H. Naharudin, dalam sambutannya me­nyampaikan jika penilaian terhadap kinerja kepala madrasah terkait kualitas Kepala Madrasah itu sendiri dan didukung oleh Guru, Siswa dan lingkungan sekolah. “Pe­nilaian ini terkait dengan kualitas Kepala Madrasah,” ucapnya.

Dia menyebut untuk Li­ma Puluh Kota ada Enam Kepala Madrasah yang akan dinilai, Empat MTsN, Satu MAN dan Satu MIN. “Di Lima Puluh Kota ada Enam Kepala madrasah yang dinilai, dan kita optimis semua Kepala Madrasah kita memiliki kinerja yang baik dan te­rukur. Kemudian kita yakin bahwa kepala madrasah kita memiliki inovasi, kreativitas dan terobosan untuk kemajuan SDM anak didik dan sekolah,” ungkapnya.

Kepala MTsN 6 Piladang, Lima Puluh Kota, Nur Ali, mengaku siap untuk dinilai dan optimis bisa menjadi yang terbaik. Rasa optimis itu disampaikannya, karena me­miliki Lima faktor kriteria yang dinilai. “Kita optimis, karena kita memiliki kelima hal yang masuk dalam kriteria penilaian itu. Dan ini berkat kerja sama semua Siswa, Guru dan lingkungan se­kolah,” sebutnya yakin meski baru pertama kali me­ngikuti penilaian kinerja kepala madrasah ini. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top