Close

Uji Petik Air Depot Dilakukan Berkala, Diindahkan, Peringatan hingga Penyegelan Menanti di Kota Padang

AIA PACAH, METRO–Uji petik air pada depot wajib dilakukan sekali dalam tiga bulan oleh pemilik depot. Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Padang, Devitra Wiguna mengatakan apabila pelaku usaha tidak melakukan pemeriksaan maka, Dinkes akan beri peringatan lisan, tertulis hingga penyegelan usaha.

“Penutupan depot tersebut dilakukan penegak Perda jika Dinkes telah suratinya,” ujarnya Devitra Wiguna, Jumat (23/9).

Ia mengatakan, jumlah depot air minum di kota Padang saat sekarang sebanyak 1.102 dan pembinaan pada pelaku usaha terus digelar secara berkala. Begitu juga pengawasan.

Petugas Puskesmas di 11 kecamatan 104 kelurahan juga ikut turun ke lapangan melakukan pemeriksaan tentang kepatuhan pelaku usaha uji labor air yang dijual ke publik. “Pemeriksaan itu dilakukan guna menghindari virus serta menandakan air yang dijual ke warga higienis,” paparnya.

Menurut aturan dikatakan Devitra Wiguna, setiap depot air minum isi ulang wajib melakukan pemeriksaan sampel air setiap bulannya.

“Menurut SOP nya setiap air minum itu wajib diperiksa setiap bulan. Itu yang kita lakukan, baik melalui Puskesmas yang turun secara langsung atau petugas dari Dinas Kesehatan yang turun memeriksa dan mengontrol, apakah memang sampel yang diberikan itu memang rutin diperiksakan di laboratotium air kita yang ada,”jelas Devitra Wiguna.

Jika didapati kualitas air tidak memenuhi syarat, ditegaskan Zaini, pihaknya akan menutup depot air yang bersangkutan. “Ketika nanti misalnya disana didapati kualitas airnya tidak memenuhi syarat, dia langsung kita tutup,”tukasnya.

Ketua Komisi IV DPRD Padang, Mastilizal Aye mengatakan, uji labor tersebut mesti dilakukan pelaku depot dan bila perlu libatkan BBPOM. “Kita mendorong semua pihak ikut awasi hal ini. Sebab, air yang di konsumsi untuk kesehatan warga,” ujar kader Gerindra ini.

Ia meminta kepada pemilik depot untuk taat aturan dan jangan masalah ini dianggap remeh. Karena, dampak pada hidup orang banyak. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top