Close

Uji Coba Kapal Bantuan Tingkatkan Ekonomi Nelayan di Kota Pariaman

UJI COBA—Wali Kota Pariaman H Genius Umar melakukan uji coba kapal nelayan.

Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan keanekaragaman hayati pe­rairan laut Kota Pariaman merupakan sumber ekonomi masyarakat dan nelayan. “Ayo bersama kita jaga dan kita rawat warisan leluhur kita untuk potensi ekonomi dan kepari­wisataan, saling menjaga biota laut dan jangan sampai kita merusaknya,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin. Sekarang katanya, ia mencoba kapal bantuan ke­pada nelayan di Kecamatan Pariaman Selatan yang dipe­roleh Pemerintah Kota Pari­a­man melalui Dana Alokasi Khu­sus (DAK) senilai Rp. 900 juta kepada 7 (tujuh) kelompok nelayan di Pantai Maaruf Amin Desa Taluak Kecamatan Pa­riaman Selatan.

Untuk tahap pertama ini, kata Genius, baru tujuh kelom­pok yang bisa kita bantu, namun di tahap selanjutnya, ia akan kembali sampaikan ke pihak kementerian terkait, agar ne­layan lainnya juga dapat ban­tuan kapal dan alat-alat pe­nangkapan ikan ini. “Alham­dulillah, berbagai upaya akan terus kita lakukan ke pemerintah pusat agar masyarakat Kota Pariaman dapat tetap terus berusaha dalam capaian eko­nomi dan kebutuhan rumah tangga, dan dibidang-bidang lainnya juga akan kita fasilitasi untuk mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Kepada para nelayan ter­sebut, Genius tetap ingatkan untuk selalu menjaga kea­manan selama melakukan proses penangkapan ikan, contohnya memakai life jacket, tidak merusak terumbu karang, tidak merusak biota laut. “Se­moga dengan bantuan-bantuan yang diturunkan pemerintah ini, mampu menjadi semangat yang tinggi untuk lebih giat lagi berusaha untuk mencapai kesejahteraan keluarga,” ujar Genius. Ia juga memuji kapal bantuan tersebut, mesinnya halus, minim getaran, dan meminta untuk para nelayan tersebut untuk selalu me­rawatnya agar selalu siap untuk digunakan menangkap ikan.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top