Menu

UIN IB Padang Laksanakan KKN Tematik Covid-19

  Dibaca : 338 kali
UIN IB Padang Laksanakan KKN Tematik Covid-19
RESMIKAN—Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Prof.Dr.H.Eka Putra Wirman, Lc, MA, meresmikan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Tematik Covid-19 bagi mahasiswa tahun 2020.

PADANG, METRO
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Prof.Dr.H.Eka Putra Wirman, Lc, MA, meresmikan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Tematik Covid-19 bagi mahasiswa tahun 2020. Kegiatan tersebut, dilaksanakan di ruang rapat senat Lantai III gedung rektorat, Kamis (23/7).

Pembukaan tersebut, diikuti oleh 2.574 orang mahasiswa secara virtual, 74 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), diwakili oleh Syafrizal, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, para Bupati dan Wali Kota yang di wilayahnya berasal para mahasiswa KKN yang tersebar di 10 propinsi, 67 Kabupaten/Kota, 254 Kecamatan, dan 580 desa/keluraahan/nagari.

Pelaksanaan KKN Tematik Covid-19 UIN IB Padang tahun 2020, bertemakan, upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan   dampak   sosial keagamaan Covid-19.

Tema tersebut, diambil sesuai dengan situasi saat ini sedang mewabahnya wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Rektor UIN IB Prof. Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc, MA.

Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas kehadiran Gubernur Sumbar,  memberikan sambutan secara virtual. “Pelaksanaan KKN tahun ini berada di kampung halaman atau tempat domisili para mahasiswa peserta secara Kerja Sosial, namun pembekalan peserta, pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), monitoring, dan pelaporan secara daring (online) dan kita ikuti protokol kesehatan,” katanya.

Ditambahkannya, melaui program KKN di masa pandemi covid-19 ini, mahasiswa kita bisa mempelajari bagaimana Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) beroperasional dan berbisnis, terutama bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan BIsnis Islam (FEBI).

“Kita harus berkreatifitas dalam berusaha, harus melek terhadap teknologi (dunia digital). Mahasiswa harus mampu mengaplikasikan teknologi agar bisa eksis. Pencegahan stunting dengan mengarahkan masyarakat, tentang bahaya dan upaya pencegahannya.”imbuhnya.

Ia mengharapkan mahasiswa peserta KKN  menyesuaikan perilaku dengan tema KKN kita tahun ini.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Syafrizal, menyampaikan apresiasi Pemerintah Propinsi Sumbar yang setinggi-tingginya kepada civitas akademika UIN IB Padang, mengangkatkan program KKN Tematik Covid-19.

Pasalnya, diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Dimana mengisyaratkan peran pemerintah dalam membangun desa, perlu bersama-sama mengambil peran dalam membangun desa. Kegiatan KKN oleh mahasiswa di tempat tinggal/daerah asal dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ada beberapa titipan Pemerintah Propinsi Sumbar kepada mahasiswa UIN peserta KKN, yaitu; di bidang ekonomi, penguatan ketahanan pangan di desa/nagari dengan mensosialisasikan intensifikasi pertanian dengan memaksimalkan factor produksi, ekstensifikasi pertanian dengan menambah faktor-faktor produksi, dengan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) meningkatkan semangat wirausaha pengelola BUMNAG, digitalisasi pertanian, sosialisasi pencegahan stunting dengan pola makan sehat, dan pola asuh (1000 hari pertama kehidupan) bekerja sama dengan Kader Pos Yandu setempat, serta sosialisasi tentang sanitasi dan air bersih”, kata Syafrizal mengakhiri sambutannya.

Ketua Lembaga Peneliti dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN IB Padang,  Ulfatmi, menuturkan program KKN adalah bagian dari pengamalan Tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah di tengah masyarakat.

“KKN ini dilaksanakan selama 40 hari,dimulai dari 22 Juli sampai 2 September 2020. KKN tahun ini tidak dapat diselenggarakan sebagaimana biasanya karena sedang mewabahnya pandemi Covid-19. Selama melaksanakan KKN, mahasiswa diberikan bantuan berupa paket data internet sebesar 11 Giga Bayte (GB) perbulan dan setiap mahasiswa diberikan jaminan asuransi kesehatan selama melaksanakan KKN dan diserahkan secara simbolis kepada mahasiswa dalam kesempatan itu,”tukasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional