Menu

UIN IB Padang Buka Program Manajemen Perbankan Syariah, Ilmu Perpustakaan juga Terima Mahasiwa

  Dibaca : 212 kali
UIN IB Padang Buka Program Manajemen Perbankan Syariah, Ilmu Perpustakaan juga Terima Mahasiwa
Rektor UIN IB Padang Prof Eka Putra Wirman

LUBUK LINTAH, METRO–Meningkatnya gairah perbankan sya­riah di Indonesia, membuat Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang tak tinggal diam. Dengan kampus baru nan modern di Sungai Bangek, Balai Gadang, Kototangah, Padang, UIN IB membuka kesempatan kepada tamatan SMA sede­rajat untuk masuk ke program D3 Mana­jemen Perbankan Syariah.

 Rektor UIN IB Padang Prof Eka Putra Wirman, Minggu (18/7) mengatakan, pe­luang kerja di perbankan syariah sekarang terbuka lebar. Apalagi di Sumbar saat ini sedang gencar-gencarnya proses konversi atau peru­bahan Bank Pembangunan Dawerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari dari kon­vensional ke sistem sya­riah umum.

 “Kami di perguruan tinggi tentu melihat pe­luang atau kesempatan kerja untuk tamatan UIN Imam Bonjol Padang ke depan. Salah satu yang akan dicari di pasar tenaga kerja pastinya D3 Mana­jemen Perbankan Syariah ini. Insya Allah, kami akan menjadikan alumni yang siap diserap pasar kerja di bank syariah,” katanya.

 

Kampus UIN IB Padang di Sungai Bangek, Kototangah.

Prof Eka mengatakan, selain di Bank Nagari, ham­pir semua bank di Indonesia juga memiliki unit usaha syariah. Karena, sistem perbankan syariah diang­gap bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam. “Kami minta kepada semua warga Sumbar, agar menginformasikan peluang ini kepada sanak saudaranya. Tak hanya di Sumbar, dari luar Sumbar juga boleh. Apalagi pen­daftaran menggunakan sistem online,” katanya.

Dekan Fakultas Eko­nomi dan Bisnis Islam (FE­BI) Dr Ahmad Wira PhD menambahkan, saat ini sedang digencarkan program “Ayo Kuliah di UIN Imam Bonjol Padang.” Apa­lagi, masih dibuka ke­sem­patan untuk dua program studi D3 lagi, yaitu D3 Ilmu Perpustakaan pada Fakultas Adab dan Hu­maniora (FAH) dan D3 Ilmu Manajemen Perbankan Sya­riah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

“Saat ini pendaftaran telah dimulai. Yaitu pada 16-23 Juli 2021. Dilanjutkan  cetak kartu peserta 16-23 Juli 2021, pengumuman lulus 26 Juli 2021 dan  daftar ulang sekaligus pemba­yaran 27-30 Juli 2021. Untuk nformasi pendaftaran ma­hasiwa ba­ru UIN Imam Bonjol Padang bisa diakses pada: http;//pmbpdg.uinib.ac.id,” kata­nya.

Ahmad Wira mene­rang­kan, alur pendaftaran PMB (Penerimaan Maha­siswa Baru) Program D3 yaitu,  pra-daftar dalam laman pmbpdg.uinib.ac.id, daftar jalur Diploma 3 (ra­por) lalu cetak lembar pra-daftar yang berisi kode bayar dan username/PIN. Setelah lunas, login kem­bali ke laman pmbpdg.uinib. ac.id. Login menggunakan username/PIN untuk lan­jutkan pendaftaran dan melengkapi data diri, asal sekolah, unggah ijazah/SKL asli, scan rapor semester 1 sampai dengan 5, scaN sertifikat prestasi (kalau ada) dan memilih satu program studi D3. Selanjutnya, peserta men­cetak kartu peserta ujian dan tunggu tanggal pe­ngumunan kelulusan.

Peserta membayar bia­ya pendaftaran Rp250 ribu, memwata bukti lem­baran pendaftaran ke Bank Nagari/Bank Syariah Indo­nesi/Bank Mega Syariah seluruh cabang. Via teller/ATM/Mobile Banking. Un­tuk informasi selanjutnya bisa dikontak melalui no­mor telepon 085356971899. Atau datang ke Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, di Sungai Bangek, Kelu­rahan Balai Gadang. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional