Menu

Ubah Mindset Pemuda Berorientasi jadi PNS

  Dibaca : 27 kali
Ubah Mindset Pemuda Berorientasi jadi PNS
SAMBUTAN— Kadispora Sumbar Adib Alfikri membuka kegiatan Bimtek dan pelatihan kewirausahaan terhadap pemuda yang merupakan anak nagari di Padangpariaman.

PADANGPARIAMAN, METRO – Dispora Sumbar menggelar bimbingan dan pelatihan kewirausahaan yang melibatkan 40 peserta di Lubuk Alung, Padangpariaman, Rabu malam (13/3). Puluhan peserta tersebut merupakan generasi muda yang terdiri dari anak Nagari Padangpariaman yang dilaksanakan, 13 – 16 Maret.

“Pelatihan ini bertujuan agar generasi muda atau anak Nagari di Padangpariaman mendapatkan ilmu kewirausahaan sehingga memotivasi mereka untuk berusia,” ujar Ketua Pelaksana Edwarsyah Ramli, kemarin.

Ramli mengatakan, pelatihan dan Bintek dan pelatihan ini diikuti 40 orang yang terdiri dari generasi muda nagari di lingkungan Padangpariaman. Narasumbernya panitia mendatangkan dari anggota DPRD Sumbar, Dispora Sumbar, Dinas Pemuda dan Olahraga Pasaman Barat dan pengusaha.

Sedangkan materi yang diberikan kepada peserta, kebijakan Pemprov Sumbar tentang pengembangan kewirausahaan pemuda, manajemen dalam pengembangan kewirauhasaan, agar sukses menjadi wirausaha muda.

Kemudisn, teknik penghitungan harga untuk meningkatkan daya saing dan manajemen persediaan barang. melalui Bimtek dan pelatihan ini diharapkan lahir pemuda yang akan menjadi pengusaha di masa akan datang. Sehingga bisa berbicara di tingkat daerah dan nasional. Sehingga bermunculan generasi muda yang profesional dapat berbicaara pengembangan ekonomi di tingkat daerah dan nasional.

”Selain itu mampu mengembangkan usaha bersifat mandiri,” ujar Ramli.

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatribur mengatakan, berterima kasih kepada Dispora Sumbar ysng melaksanakan pelatihan ini di Padangpariaman, sehingga terbuka peluang bagi generasi muda yang merupakan anak mendapatkan pelatihan kewirausahaan ini.

“Sehingga diharapkan kepada peserta terutama generasi muda atau anak nagari yang dilibatkan dalam kegiatan ini untuk menimba ilmu soal kewirausahaan,” ujar Suhatribur. Katanyau, diminta keseriusan dari peserta mengikuti pelatihan dan bermanfaat bagi peserta untuk merintis usaha nantinya. Selanjutnya, aplikasikanlah ilmu yang didapatkan dalam bimbingan dan pealtihan ini.

Kadispora Sumbar Adib Alfikri mengatakan, jangan terlalu berharap menjadi PNS, karena menjadi PNS umur panjang rezeki dipatok. Maka ubhalah Mindset Pemuda untuk selalu berorientasi menjadi PNS .Sedangkan menjadi seorang wira usaha maka tidak ada orang yang mengatur atur.

“Maka terapkan ilmu ini dilapangan nanti untk menjadi wira usaha enterprenership. Dan menjadi pengusaha berpeluang hidup makmur dan sejahtera, kalau menjadi PNS kaya saja sedukit kita dicurigai KPK,” ujar Adib.

Ditambahkan Adib, untuk menjadi sukses juga diharapkan belajar kepada pengalaman dan orang orang yang sukses menjadi pengusaha. Selain itu menjadi orang sukses dituntut selalu belajar terus menerus dan tidak cepat puas begitu saja. Juga dituntut disiplin, bekerja keras dan jujur.

Dikatakan Adib, pemuda harus bisa merubah paradigma yang lama sebagai pemuda yang menunggu. Pemuda hendaknya dapat memaindset paradigma baru, sebagai pemuda pertarung yang tidak murah menyerah,” katanya.

Maka pemuda harus paham dengan teknologi tidak saja memahaminya namun bisa meimplementasikan ke bahasa indonesia.

“Selama ini teknologi yang berkembang selalu mengunakan bahasa inggris. Namun kita minta bagaimana pemuda bisa melahirkan teknologi itu memakai bahasa indonesia,” ujar Adib. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional