Menu

”Turun Gunung”, BPJS Kesehatan Berikan Pelayanan di Kantor Balai Kota Lama

  Dibaca : 130 kali
”Turun Gunung”, BPJS Kesehatan Berikan Pelayanan di Kantor Balai Kota Lama
LAYANAN— Seorang petugas sedang melayani peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan saat turun gunung, kemarin. (ramadalius/posmetro)

BUKIKSIBALUIK, METRO – Guna menghadirkan pelayanan prima kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan ”turun gunung” membuka pelayanan di kantor balai kota Payakumbuh lama di Bukik Sibaluik, baru-baru ini kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah seorang ASN Dinas Sosial yang berkantor di gedung Balai Kota Payakumbuh yang lama itu, Riza Anita menyambut positif pelayanan BPJS Kesehatan dengan sistem jemput bola kepada peserta. Disampaikannya, bila datang kekantor cabang tentu harus menunggu antri cukup lama.

”Sangat bagus, dengan adanya pelayanan seperti ini peserta merasa pengurusan berbagai pelayanan BPJS Kesehatan terasa lebih muda. Biasa kalau kekantor cabang, antri. Saya mengurus tukar kartu dan tinggal lapor dengan membawa syarat seperti ampra gaji, KTP dan KK, sudah selesai, beberapa menit saja, cepat,” kata pegawai perempuan yang ramah kepada awak media itu.

Hal serupa juga disampaikan salah seorang pegawai Pol PP Kota Payakumbuh yang juga berkantor di eks Balai Kota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Igo Yulanda Putra, menurutnya apa yang dilakukan BPJS Kesehatan sangat berguna sekali bagi peserta JKN-KIS.

”Bagus langsung terjun kelapangan. Sehingga seperti pegawai dengan keterbatasan waktu sehingga sangat membantu. Bagusnya kegiatan ini rutin karena ini berhubungan langsung dengan kesehatan. Kemudian BPJS juga harus mendata jika ada pegawai di kantor-kantor yang belum memiliki kartu JKN,” harap Igo.

Warga Kelurahan Nan Kodok, Kecamatan Payakumbuh Utara ini juga menyebut bahwa pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dirasakan sama, tidak ada beda-beda antara pasien umum dengan pasien peserta BPJS Kesehatan. Begitu juga dengan pelayanan dari petugas BPJS Kesehatan saat ini banyak terobosan yang telah dilakukan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan.

”Untuk pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dirasakan sama tidak ada beda-beda antara pasien umum dengan peserta BPJS Kesehatan. Sebelumnya Jamkesmas kemudian baru 2014 diganti dengan kartu JKN. Saat ini saya mengurus proses pengalihan kepesertaan JKN dari segmen PBI (Penerima Bantuan Iuran) menjadi segmen PPU (Pekerja Penerima Upah),” tutur Igo saat bercerita dengan awak media dilokasi pelayanan BPJS Kesehatan.

Staf Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Edi Akmal S, saat memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS khusus ASN yang berkantor di eks Balai Kota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, mengaku senang bisa melayani peserta JKN-KIS.

”Kita melakukan pelayanan kepada ASN peserta JKN-KIS. Berbagai pelayanan bisa dilakukan disini, apakah itu terkait pengalihan kepesertaan JKN-KIS, tukar kartu dan berbagai pelayanan terkait JKN-KIS bisa kita lakukan disini. Jadi dengan pelayanan ini peserta bisa terbantu tampa harus datang kekantor cabang lagi dan tidak perlu antri lama,” sebut Edi disela-sela memberikan pelayanan kepada awak media.

Pantauan di lokasi, banyak ASN yang mendatangi tempat pelayanan yang dibuka BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh untuk mendapatkan pelayanan. Tidak menunggu lama, hanya hitungan menit satu persatu pelayanan selesai dilakukan petugas BPJS Kesehatan. Terlihat ASN yang selesai mengurus berbagai persoalan terkait kartu JKN-KIS merasa senang dengan cepatnya pelayanan yang diperoleh. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional