Close

Tunggu Pembeli Sabu, Pengedar Ditangkap di Pinggir Jalan Raya Batusangkar-Payakumbuh

PENGEDAR SABU— Pelaku RB (26) dan barang bukti sabu diamankan di Polres Tanahdatar setelah ditangkap di pinggir jalan saat akan bertransaksi.

TANAHDATAR, METRO–Diduga hendak menunggu pembelinya, seorang pengedar narkotika jenis sabu diringus Tim Tarantula Satresnarkoba Polres Tanahdatara di pinggir Jalan Raya Batusangkar-Payakumbuh, Jorong Dalam Nagari, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung baru, Minggu (30/5) sekira pukul 16.00 WIB.

Saat dilakukan penangkapan terhadap pelaku berinisial RB (26) yang merupakan warga Nagari Sungai Patai ini, petugas menyita barang bukti berupa satu paket sabu siap edar. Selain itu, turut disitas beberapa plastik bening yang digunakan untuk membungkus sabu.

Kasatresnarkoba Polres Tanahdatar, AKP Yaddi Purnama mengatakan, penangkapan RB berawal dari informasi yang disampaikan masyarakat, jika pelaku kerap melakukan transaksi sabu di pinggir jalan tersebut. Bahkan ulah pelaku yang mengedarkan sabu juga membuat masyarakat resah.

“Dari laporan itulah, kita lakukan penyelidikan dengan mengintai gerak-gerik pelaku. Hampir sepekan dibuntuti, kita mendapatkan informasi kalau pelaku akan melakukan transaksi di pinggir Jalan Raya Batusangkar-Payakumbuh,” kata AKP Yaddi.

Dijelaskan AKP Yaddi, pihaknya kemudian bergerak ke lokasi pelaku RB yang akan bertransaksi jual beli sabu. Setiba di lokasi, pihaknya menemukan pelaku sedang berdiri di pinggir jalan. Saat itu juga pihaknya menghampiri pelaku dan menyakan tujuannya berada di lokasi, tetapi pelaku terlihat gugup dan langsung diamankan.

“Kita lanjutkan dengan menggele­dah tubuh pelaku hingga ditemukanlah barang bukti berupa satu paket sabu siap eda berikut dengan plastik pembungkus sabu. Setelah barang bukti itu ditemukan, pelaku pun mengakui kalau sabu itu merupakan miliknya,” ungkap AKP Yaddi.

Untuk proses selanjutnya, AKP Yaddi menuturkan, pihaknya langsung membawa pelaku ke Mapolres Tanahdatar. Saat ini pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus untuk mengungkap sumber sabu yang dimiliki pelaku.

“Tentunya kita tidak akan berhenti hanya kepada pelaku saja. Kita akan ungkap jaringannya. Yang jelas pelaku akan kita jerat pasal 114 ayat 1 Jo 112 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika dengan canaman di atas 5 tahun penjara,” tegasnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top