Menu

Tundukan Laos 2-1 di Piala AFF U-18 2019, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Semifinal

  Dibaca : 97 kali
Tundukan Laos 2-1 di Piala AFF U-18 2019, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Semifinal
MENANG—Timnas Indonesia U-18 ketika menghadapi Burnei Darusallam yang berkesudahan dengan 6-1 untuk kemenangan Indonesia. (IST)

VIETNAM, METRO – Timnas U-18 Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-18 2019 setelah menundukan Timnas Laos U-18 pada laga keempat dengan skor tipis 2-1 di Thong Nhat Stadium, Vietnam, Senin sore (12/8).

Walaupun, Timnas U-18 Indonesia berada di atas angin dalam penguasaan bola akan tetapi, Indonesia sempat ditahan Laos pada pertama.Namun, Laos lebih dulu mendapatkan peluang melalui tendangan bebas Chony Wenpaserth. Beruntung bola hasil tembakannya itu belum menemui sasaran.

Timnas Indonesia U-18 kemudian berusaha membangun serangan melalui David Maulana. Namun, bola hasil umpan jarak jauhnya gagal dimaksimalkan Bagus Kahfi. Pada menit ke-27, Bagus Kahfi kembali gagal memanfaatkan peluang. Berawal dari umpan silang Supriadi, namun kiper Laos lebih dulu memotong bola sebelum disambar Bagus Kahfi. Pada menit ke-35, Supriadi ditarik keluar karena mengalami cedera. Pelatih Fakhri Husaini kemudian memasukkan Fajar Fatur Rachman sebagai pemain pengganti.

Menjelang akhir pertandingan, Timnas Indonesia U-18 mendapatkan peluang matang yang dihasilkan Fajar ke depan gawang Laos. Namun, bola hasil sepakannya terlalu tinggi sehingga gagal dijangkau Bagus Kahfi. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Memasuki paruh kedua laga, Timnas Indonesia U-18 langsung menggebrak melalui Bagus Kahfi. Namun, bola hasil sepakan kerasnya masih melayang di atas mistar gawang Laos.

Timnas Indonesia U-18 kembali mengancam melalui tendangan Beckham Putra. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa ditangkap kiper Laos kawalan Solasak Thilavong. Laos akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-69 melalui Alounnay Lounlasy. Bola hasil sepakan kerasnya gagal diantisipasi kiper Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-18 akhirnya mencetak gol penyeimbang pada menit ke-72 melalui Bagus Kahfi. Bola hasil sepakannya mengarah ke pojok kiri bawah gawang Laos. Memasuki menit ke-90+1′, Timnas Indonesia U-18 kembali mencetak gol lagi melalui aksi bunuh diri Anoulack Vannalath. Berawal dari umpan silang di sisi kanan, bola kemudian mengarah ke Bagus Kahfi.

Namun, Bagus Kahfi gagal menjangkau bola dan berhasil mengecok bek Laos. Bola hasil sepakan Anoulack kemudian mengarah ke gawang sendiri. Hingga peluit panjang, tak ada gol tambahan dan Indonesia pun lolos ke semifinal Piala AFF U-18. Pascakeunggulan Indonesia itu tensi permainan cukup tinggi. Bahkan, sempat pemain Laos terlibat cekcok dengan pemain Indonesia jelang plut babak ditiup wasit.

Sehingga, dengan menundukan Laos ini merupakan kemenangan Timnas Indonesia di ajang Pila AFF U 18 di Vietnam dengan skor 2-1. Sedangkan, kemenangan pertama menghadapi Filipina (7-1), Timor Leste (4-0), dan Brunei Darussalam (6-1) dipaksa mengakui keunggulan timnas U-18 Indonesia dalam tiga laga terakhir.

Laos bukan tim yang bisa dianggap enteng oleh timnas U-18 Indonesia. Pasalnya, Laos telah memetik dua kemenangan dalam tiga laga terakhir. Satu-satunya kekalahan diderita Laos saat takluk 1-3 dari Myanmar pada laga pertama Grup A Piala AFF U-18. Dengan kemenangan menghadapi Laos ini Indonesia tetap bertenggger di posisi teratas klasemen sementara. Namun, telah memastikan langkahnya ke babak semifinal. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional