Menu

Tumbuhkan Minat Membaca Masyarakat, Perpustakaan Nagari Digerakkan

  Dibaca : 347 kali
Tumbuhkan Minat Membaca Masyarakat, Perpustakaan Nagari Digerakkan
Tumbuhkan Minat Membaca Masyarakat, Perpustakaan Nagari Digerakkan

SOLOK, METRO
Bupati Solok Gusmal mendorong tumbuhnya minat baca dengan mengerakkan perpustakaan nagari. Saat ini menggalakkan membaca merupakan tantangan berat karena perkembangan zaman dan teknologi. Oleh karena itu lanjutnya semua pihak mengelola dengan baik agar setiap hari bisa membaca. Perpustakaan umum daerah terus meningkat materi buku yang terkini dan kekinian.

Karena ilmu pengetahuan dalam satu tahun peningkatannya seratus persen, meskipun tidak harus semuanya buku baru. ‘’Meski bukan buku baru namun perpustakaan harus memfilter demi mencetak ahlak mulia terhadap generasi bangsa. Upaya itu juga untuk mencegah paham radikalisme,” jelasnya.

Gusmal juga berharap dengan tumbuhnya minat baca membuat anak semakin giat dan berusaha untuk selalu meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan.

“Dalam membantu meningkatkan minat baca, Pemkab Solok juga memiliki aplikasi buku digital dengan nama Isolokkab dimana membaca buku dapat melalui lap top, HP, dan Desktop dan pada aplikasi ini sudah tersedia 1.500 judul buku yang bermanfaat untuk dibaca seperti buku-buku SD, SMP, SLTA dan buku-buku Umum lainya,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Solok Nofiarman menyebutkan, kegiatan Lomba Minat Baca (bercerita) salah satu cara untuk mendorong tumbuhnya minat membaca bagi anak anak. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok.

Tujuan kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku. Selain itu untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku budaya Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Solok yang mengandung Nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter anak. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional