Close

Tumbuhkan Minat Baca Anak Sedari­ Dini

minat baca anak.

KURANJI, METRO–Untuk memberikan pembinaan, dukungan, semangat dan perhatian kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Padang, Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa mengunjungi PAUD Holistik Integratif (HI) Melati Pepaya yang berada di Kelurahan Ku­ranji, Kecamatan Kuranji, Rabu pagi (3/11).

Sebagaimana diketa­hui, PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek per­kembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat ma­syarakat, pemerintah da­erah dan pusat.

Dalam kunjungan ter­sebut, istri Wali Kota Pa­dang itu terlihat melakukan sejumlah aktivitas bersama anak-anak PAUD Melati Pepaya, diantaranya menonton televisi bersama, membaca buku cerita dan memberikan motivasi.

Kemudian Bunda PAUD Kota Padang itu juga terlihat melakukan pengukuran tinggi badan dan mengukur berat badan anak-anak PAUD yang didampingi oleh pihak Puskesmas setempat. Kemudian mengunjungi ruang UKS PAUD setempat.

Ny. Genny Hendri Septa menyampaikan bahwa kunjungannya kali ini dilakukan dalam rangka melihat langsung gerakan gemar membaca untuk anak usia dini yang dilaksanakan di PAUD Melati Pepaya.

“Kita di Kota Padang saat ini memang mewajibkan anak-anak sehari itu untuk membaca minimal 30 menit. Alhamdulillah hal ini sudah mulai dilakukan dan dilihatkan oleh PAUD Me­lati Pepaya,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menghasilkan generasi yang literat dimasa de­pan, perlu menumbuhkan minat baca bagi anak-anak. Hal ini tentunya harus dimulai dari usia dini.   “Kita perlu menghasilkan anak-anak yang berkualitas, yang mau gemar membaca karena mereka akan menjadi penerus bangsa ke depannya,” ujar Genny.

Di kesempatan itu, Ketua TP-PKK Kota Padang itu juga meminta agar para orang tua hendaknya mampu menyiasati agar anak mereka tidak kecan­duan gadget, karena hal ini akan berefek buruk pada perkembangan anak.

“Setiap bertemu orang tua, saya selalu ingatkan ini. Kita harus peduli, agar anak-anak tidak kecanduan gadget. Khususnya kepada guru-guru PAUD, sa­ya meminta agar kita bersama mampu mengkomunikasikan ini ke orang tua anak,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Pa­dang Desi Susanti mengatakan, untuk mendukung gerakan literasi membaca di Kota Padang pihaknya didukung oleh Mobil Pintar (MoPi). “Mobil pintar merupakan perpustakaan berjalan yang dilengkapi dengan sarana multimedia, buku bacaan dan alat peraga pendidikan. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top