Close

Tumbangkan Babel United, Semen Padang FC Raih Kemenangan Perdana

BERHADAPAN— Pemain Semen Padang FC berhadapan dengan Babel United dalam laga pekan keempat Grup A Liga 2 2021 yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang.

SEMEN PADANG FC akhirnya berhasil me­raih kemenangan perdananya pada laga pekan keempat Grup A Liga 2 2021 setelah menum­bang­kan Babel United, Rabu (20/10).

Tampil menekan sejak awal, tim berjuluk Kabau Sirah menang dengan hasil akhir 1-0 berkat gol Mario Albekob pada menit ke-49.  Hasil laga di Stadion Jakabaring, Palembang, itu membuat Beruang Buas, julukan Babel United, kian terpuruk di dasar klasemen.

Pasalnya, Babel Unitet belum juga meraih kemenangan dari empat pertandingan yang dilalui dan hanya mengoleksi satu poin berkat sekali seri. Sementara itu, Semen Padang berada di posisi keempat klasemen se­men­tara Grup A Liga 2 2021, menempel ketat tim-tim di atasnya.

Pada babak pertama, peluang pertama langsung diciptakan Babel United di menit kelima, dengan memanfaatkan kesalahan ki­per lawan, Achmad Iqbal yang terlalu maju. Amirul Mukminin melepaskan tendangan ke arah gawang, namun bola hanya melewati sisi kanan gawang Semen padang.

Tiba di menit ke-15, Semen Padang terus bermain menekan namun beberapa peluang yang tercipta belum berbuah gol. Dominasi masih berlanjut hingga menit ke-30, tapi rapatnya barisan pertahanan Babel United masih sulit untuk ditembus. Beberapa tendangan spekulasi juga kerap dilakukan karena sulitnya melewati barisan pertahanan Beruang Buas.

Celah sempat didapatkan melalui umpan cepat satu dua dari tengah lapangan. Yakni hasil kombinasi Vivi Asriza, Serdhy Ephyfano dan Sunarto hingga ke area kotak penalti. Vivi Asriza sebagai eksekutor langsung melepas tembakan ke arah gawang, namun kiper Muhammad Bimasakti An­diko masih mam­pu mengantisipasi laju bola.

Memasuki penghujung babak pertama, Semen Padang sedikit melakukan perubahan formasi dengan menarik Sunarto diganti dengan Mario Albertho Aibekob. Namun perubahan yang dilakukan masih belum berhasil mengubah skor pertandingan, babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Semen Padang akhirnya bisa memecah kebuntuan melalui Mario Aibekob, tepatnya pada menit ke-49. Lini pertahanan Babel United yang kekurangan satu pemain karena Kesuma Wira Satria harus menjalani perawatan khusus mampu dimanfaatkan.

Mario Aibekob yang berdiri tanpa penjagaan langsung melepaskan tendangan menyambar bola pantulan yang ditepis Muhammad Bimasakti.

Insiden sempat terjadi beberapa saat setelah gol Mario, tackle keras Dedi Gusmawan pada penyerang babel united sempat mengundang keributan. Pelatih Babael Sasi Kirono yang tidak terima dengan ganjaran kartu kuning Dedi Gusmawan akibat pelanggaran keras pada pemainnya malah diberi kartu merah oleh wasit tengah. Hal ini karena ada protes keras dari bench pemain Babel United.

Tertinggal 0-1 kemudian membuat Babel United lang­sung mengubah gaya permainan dengan lebih terbuka. Tapi di tengah upaya serangan yang di­ba­ngun, malah lawan yang kem­bali memperoleh ke­sem­patan emas melalui serangan balik.

Vendry Ronaldo yang telah bersiap di area kotak penalti langsung melepaskan tembakan, namun berhasil ditepis kiper. Masih berlanjut, bola muntah lekas disambar Serdhy Ephyfano namun kembali ditepis.

Tiba di menit ke-65, Babel United kencang mela­ku­kan serangan untuk me­nyamakan kedudukan. Sa­tu peluang tercipta lewat um­pan lambung yang dile­pas­kan Hafit Ibrahim. Ich­lasul Qadri langsung me­la­kukan tandukan ke arah gawang.

Sebuah upaya penyelamatan oleh kiper Achmad Iqbal Bachtiar berhasil menghentikan laju bola dan gawang kembali aman. Memasuki fase akhir per­tandingan, Babel United terus menekan lawannya untuk bisa mengejar per­tan­dingan.

Namun Kabau Sirah tetap punya peluang berbahaya melalui serangan balik cepat yang dilancarkan. Namun hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta dan Semen Padang me­nang 1-0 atas Babel United. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top