Close

Tujuh Orang Wartawan Pasbar Lulus UKW

DIKUKUHKAN—Tujuh orang wartawan yang bertugas di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dikukuhkan lulus UKW.

PASBAR,METRO–Tujuh orang wartawan yang bertugas di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar),  dinyatakan “Kompeten” pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diseleng­garakan Dewan Pers bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia di Bukittinggi, 10 sampai 11 September 2022.  Mereka yang lulus adalah, Buyung Fajri (Portal Media Editor) pada Jenjang Utama, Suryandika (Harian Singgalang) jenjang Madya. Kemudian Altas Maulana (Antara), Hendi (Posmetro) jenjang Muda, sekaligus keempat orang tersebut sebagai utusan PWI Sumbar. Kemudian Siel Saputra Padang TV), Andika Adi Saputra (TVRI Sumbar) dan Safatul Ulum (Liputan 6) pada jenjang Muda dari utusan IJTI Sumbar.

“Selamat kepada rekan-rekan yang telah dinyat­a­kan kompeten  pada UKW kali ini. Semoga karyanya dalam bidang jurnalistik semakin meningkat, dan selalu jaga marwah PWI” ujar Plt Ketua PWI Kabupaten Pasbar, Suryandika kemarin.

Disampaikan juga, dengan predikat ini akan lebih menambah wawasan dan profesionalisme sebagai wartawan yang bertugas di Pasbar. “Mudah-mudahan, dalam kesempatan berikutnya, rekan-rekan yang belum ikut UKW dapat pula menyusul sebagai wartawan yang dinyatakan kompeten oleh Dewan Pers,” katanya.

Dari 72 total peserta, 7 orang dari Pasbar, yang ikut UKW tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Dewan Pers. Ada ratusan calon peserta yang ikut mendaftar, akan tetapi hanya 72 orang yang lulus seleksi. “Dari 72 yang lulus seleksi itu, tujuh diantara berasal dari Pasbar, dan Alhamdulillah, semuanya dinyatakn kompeten pula, ini prestasi luar biasa,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, penentuan lulus seleksi dilakukan oleh Dewan Pers seutuhnya. PWI dan IJTI hanya sebagai fasilitator untuk merangkum calon peserta yang berminat ikut. Kemudian, penentuan lulusan dan proses selanjutnya pihak Dewan Pers yang menghubungi langsung kepada calon peserta yang bersangkutan.

“Masih ada kesempatan lain, Dewan Pers secara konsisten terus melaksanakan UKW selanjutnya. Mudah-mudahan, rekan-rekan lainnya bisa ikut nantinya,” harapnya.

Altas Maulana, salah satu peserta UKW asal Pasbar, mengatakan, mendapat pengalaman baru setelah mengikuti UKW. “Ternyata, ujian UKW tak semudah yang dibayangkan. Disini baru kita mera­sakan menjadi wartawan yang sebenarnya. Syukur Alhamdulillah pula, semua kawan-kawan yang ikut semua kompeten,” sebutnya.

Kendati demikian, Altas berpesan untuk kawan-kawan yang nanti akan mengikuti UKW dilain waktu tidak perlu khawatir, sebab selagi peserta selama ini benar-benar menjalankan tugas jurnalistik, InsyaAllah akan kompeten. Sebab apa yang di uji dalam UKW merupakan tugas keseharian menjadi wartawan. (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top