Menu

Tugu Linggarjati Ditenggat Selesai April

  Dibaca : 176 kali
Tugu Linggarjati Ditenggat Selesai April

JATI, METRO
Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian mengatakan pembangunan Tugu Linggarjati yang dibongkar saat pembangunan jembatan di kawasan Tabing akan dibangun lagi. Pembangunan diprediksi tuntas pada April 2021.

“Tugu dibongkar karena ada pembangunan jembatan. Kalau dibiarkan, posisinya seperti semula bisa tertutup oleh jembatan. Makanya dibongkar untuk dibangun kembali,” sebut Arfian.

Ia menyebutkan, sesuai kesepakatan dengan kontraktor, pembangunan tugu ini akan dimulai akhir Februari dan tuntas April 2021. Posisinya tetap di titik semula. Namun, agak ditinggikan agar tidak terhalang jembatan.

“Intinya kan itu bangunan bersejarah. Harus dibangun kembali di posisi semula,” tandas Arfian lagi.

Diuraikannya, Tugu Linggarjati itu adalah peninggalan bersejarah tentang perjanjian antara pemerintah belanda dengan pemerintah Indonesia. Tugu Linggarjari tersebut dibangun pada tahun 1985. Gunanya untuk memperingati Perjanjian Linggarjati antara Indonesia dengan Pemerintah Kolonial Belanda pada 1947.

Sementara itu, Perjanjian Linggarjati adalah permulaan pengakuan Kedaulatan RI dari Belanda untuk wilayah di Pulau Jawa, Madura, dan Sumatera. “Tugu itu bangunan bersejarah. Jadi harus dibangun lagi, di lokasi semula,” ulasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional