Close

TTG Satrovid 19 Payakumbuh Juara 2 di Tingkat Provinsi

BERHASIl— Siswa SMA IBS Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh berhasil juara dua di tingkat provinsi di bidang TTG.

POLIKO, METRO–Satrovid 19, alat multi fungsi yang mengakomodir kebutuhan protokol kesehatan besutan SMA IBS Raudhatul Jannah Ko­ta Payakumbuh berhasil keluar sebagai juara 2 dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan dan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

Keputusan itu berda­sarkan SK Gubernur Su­matera Barat Nomor 410-542-2022 tentang penetapan juara lomba tersebut yang keluar pada 12 Juli 2022. Para peserta dinilai langsung oleh Tim Independen Provinsi Sumbar bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar dengan tahapan penilaian propo­sal dan penilaian presentasi inovasi yang diusulkan oleh tiap daerah yang menjadi peserta.

Sebagai perwakilan Kota Payakumbuh, sebelumnya inovasi milik SMA IBS Raudhatul Jannah Ko­ta Payakumbuh sudah menjuarai iven yang sa­ma di tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2021 lalu yang digelar oleh Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Payakumbuh, di Bidang Litbang dan Evaluasi.

Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal di­dampingi Sub Koordinator Inovasi dan Teknologi Rob­by Hafanos  kepada wartawan akhir pekan kemarin menyampaikan ber­dasarkan hasil penja­ringan sejak tahun 2019, sampai saat ini jumlah alat teknologi tepat guna (TTG) terjaring sebanyak 39 alat.

“Yang sudah menjuarai tingkat provinsi ada 4 alat, sementara 1 sudah menembus ke tingkat nasional, yakni alat pengupil jagung milik inovator Joni Saputra, owner Chokato,” kata Yasrizal.

Dia menambahkan, di­ban­dingkan daerah kota/kabupaten lain, Kota Pa­yakumbuh adalah daerah terkaya inovasi TTG nya. Banyak inovator yang begitu kreatif menghasilkan karya yang begitu bermanfaat untuk dunia usaha industri dan pertanian. Bappeda Kota Payakumbuh membuka wadah me­lalui penjaringan melalui lomba yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2019.

“Ini juga membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di Kota ini, sumber daya manusia yang dimiliki oleh Kota Randang cukup mumpuni berkompetisi dalam TTG,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi menyampaikan selamat kepada SMA IBS RJ, yang telah sukses mengharumkan nama Kota Payakumbuh di tingkat Provinsi Sumbar, diharapkan bisa lolos ikut ke tingkat Nasional.

“Saya adalah orang teknik. Teknologi memu­dahkan pekerjaan dengan biaya murah, sehingga bermanfaat bagi pengguna dan orang lain. Saya mengajak anak-anak mu­da untuk mengembangkan kreatifitas dan me­mikiki semangat enterpreneur untuk memba­ngun kota ini dan menghasilkan karya-karya yang inovatif. Selamat untuk SMA IBS RJ, semoga jejaknya diikuti oleh inovator lain yang lebih handal lagi kedepannya,” kata wali kota dua periode itu.

“Dengan adanya wa­dah lomba di tingkat kota, ini merupakan ajang yang kami siapkan untuk ma­syarakat yang mau dan ingin ikut berkontribusi memajukan daerah de­ngan kreativitas melalui inovasi tanpa batas,” pung­kasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top