Menu

TSR Pemkab Pasbar Kunjungi Daerah Jorong Terpencil

  Dibaca : 185 kali
TSR Pemkab Pasbar Kunjungi Daerah Jorong Terpencil
SAMBUTAN dari TIM VIII Safari Ramadhan kepada para jamaah.

TIM VIII Safari Ramadhan Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mendatangi daerah terpencil di Nagari Kajai, yakni Jorong Timbu Abu, Senin (13/5) malam. Tim VIII dikomandoi Ketua Pengadilan Agama Pasbar Afrizal dan diiringi Kalaksa BPBD Pasbar Tri Wahluyo, Kadis Kesehatan Haryunindra, Kaban Pelayanan Terpadu Syahnan, Camat Talamau Dasril serta Wali Nagari Kajai Muryanto. Perjalanan diawali dengan buka bersama di kantor Wali Nagari Kajai setelah itu baru menuju Masjid Al Muhajirin.

TSR Pemkab menyerahkan bantua uang tunai, paket al quran dan tikar. “Walaupun daerah ini terpencil, namun kami sangat bangga sekali dengan jamuan makanan yang diberikan jamaah. Ternyata di Jorong Simpang Timbu Abu ini, penghasil tanaman hortikultura dan sayuran. Terlihat dari makanan, seperti ubi jalar, ubi kayu, kacang dan lainnya,” kata Ketua PA Afrizal.

 Sementara itu, Pengurus Mesjid Al Muhajirin Datuak Iwan mengatakan, ia dan jamaah merasa terharu dengan kunjungan dari Tim Safari Ramadhan Pemkab Pasbar. “Saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan kedatangan Tim Safari Ramadhan. Bantuan yang diberikan akan digunakan untuk memperbesar masjid,” kata Datuak Iwan.

Terpisah, Bupati Pasbar Syahiran mengatakan, dalam bulan suci Ramadhan ini, sedikitnya Rp500 juta untuk 50 masjid, masing-masing akan menerima Rp10 juta yang diserahkan selama bulan Ramadhan 1440 hijriah.

“Selain bantuan uang yang kita berikan, juga bantuan karpet masjid sebanyak 15 meter setiap masjid,” ujar Syahiran.

Ia mengatakan, bantuan itu disalurkan melalui beberapa tim safari Ramadhan yang dibentuk. Kunjungan masing-masing tim ke masjid sudah mulai dilakukan sejak Rabu (8/5). Jumlah masjid yang akan memperoleh bantuan itu telah melalui survei dan merupakan masjid yang kurang layak serta membutuhkan bantuan.

Kriteria masjid yang dibantu, segi fisik masih belum mamadai menampung jemaah, masjid yang belum pernah memperolah bantuan tahun sebelumnya dan usulan tingkat jorong, nagari dan kecamatan.

“Mudah-mudahan bantuan itu akan memberi manfaat bagi masjid dalam upaya pembinaan umat Islam,” katanya.

Ia mengharapkan, melalui masjid itu hendaknya bisa menjadi penarik umat Islam untuk kembali belajar dan mengaji, karena selama ini masjid kurang diperhatikan dan cendrung dilupakan.

“Kami juga akan membantu kaum fakir miskin selama Ramadhan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah. Bantuan tersebut nantinya melalui anggaran Badan Amil Zakat (BAZ). Berapa jumlah penerimanya kami saat ini masih mendata dan dalam waktu dekat akan kami umumkan,” katanya. Berbagai bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Pasbar. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional