Close

Truk Terbakar, Ribuan Ayam Hangus

Mobil pembawa ayam terbakar di Pasaman - posmetroweb

PASAMAN, METRO
Diduga akibat korsleting, satu unit truk jenis colt diesel nopol BA 8087 MN bermuatan ribuan ekor anak ayam hangus terbakar di Jalan Raya Rimbo Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Selasa (4/8) pagi. Satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Posko Tapus, Padanggelugur diterjunkan ke tempat kejadian peristiwa (TKP) guna melakukan pemadaman kobaran api yang sudah melalap truk beserta muatannya. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja ribuan ekor ayam tersebut tidak bisa diselamatkan.
Kapolsek Panti, AKP Dasman mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran truk colt diesel itu. Disebutkan, truk tersebut bermuatan anak ayam dari Kota Medan, Sumut tujuan Payakumbuh. “Masih lidik, kita belum tahu apa pemicunya. Kejadiannya pukul 09.00 WIB tadi di Jalan Raya Rimbo Panti. Kebakaran mengakibatkan ternak ayam hangus terbakar, jumlahnya mencapai ribuan ekor,” ujar AKP Dasman.
Dia mengatakan, masih melakukan penyidikan terkait kebakaran truk pengangkut ayam tersebut. Dasman menambahkan, sewaktu dalam perjalanan truk tersebut sudah mengeluarkan asap mengepul. ”Belum bisa ditentukan, karena sewaktu dalam perjalanan truk tersebut diatasnya sudah berasap dan apinya membesar,” sebut Dasman.
Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai ratusan jutaan. Sopir dan kernet truk terlihat masih shock walaupun truk dapat diselamatkan dalam kondisi gosong.  “Kerugian ditaksir mencapai Rp150 juta. Ketika ditanya, sopir tak tahu dari mana asal-usul api, tiba-tiba pas di TKP api sudah membesar,” ucapnya.
Terpisah, sopir truk nahas, Efendi (44) mengatakan, ia baru mengetahui truk yang ia bawa itu terbakar setelah memasuki kawasan cagar alam Rimbo Panti. ”Tiba-tiba api berkobar membesar begitu memasuki kawasan hutan rimbo Panti ini. Asalnya dari belakang, penyebab pasti saya belum tahu,” tuturnya.
Warga Tabek Panjang, Payakumbuh ini mengatakan, peristiwa yang ia alami itu sudah dilaporkan ke Mapolsek Panti. Satu orang saksi turut dimintai keterangan oleh pihak kepolisian setempat. ”Beruntung tim Damkar sigap, jika tidak seluruh body truk sudah hangus terbakar, dilalap sijago merah,” tukasnya.
Kini, truk nahas itu diamankan di Mapolsek Panti. Petugas masih mengumpulkan sejumlah bukti guna mengungkap penyebab pasti mobil tersebut terbakar. (cr5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top