Menu

Truk CPO Terguling, Minyak Sawit Berserakan, Jalan Sumbar-Bengkulu sempat Macet

  Dibaca : 153 kali
Truk CPO Terguling, Minyak Sawit Berserakan, Jalan Sumbar-Bengkulu sempat Macet
TERGULING— Satu unit truk tangki bermuatan CPO terguling di jalan Batangkapas-Painan, Sabtu (16/11) dini hari. Minyak yang tumpah sempat membuat macet jalanan. (mario/posmetro )

PESSEL, METRO – Truk tangki bermuatan CPO (crude palm oil/minyak sawit mentah) yang dikendarai Abdul Karim (57) terbalik di jalan raya Painan–Batangkapas, Pesisir Selatan (Pessel). Tepatnya di jalan penurunan depan Cafe Nuansa Indah Bukit Pulai Kecamatan, Batangkapas, Sabtu (16/11) sekitar pukul 02.45 WIB.

Akibatnya, tumpahan minyak sawit meluber di badan jalan dan membuat kendaraan kesulitan melaju. Bahkan hingga pagi hari, kemacetan masih menghiasi pemandangan jalan yang menghubungkan Sumbar dengan Bengkulu tersebut. Meski bisa dilalui, pengendara harus ekstra hati-hati agar tidak jatuh terpeleset di jalan perbukitan dan pinggir laut itu.

Kecelakaan lalu lintas berawal ketika truk tangki warna kuning dengan nomor polisi BA 8414 AU datang dari arah Batangkapas menuju Painan. Setiba di penurunan Bukit Pulai, dari keterangan sopir, tiba-tiba rem mobil blong. Tak ayal mobil hilang kendali lalu terbalik dan rebah di pinggir badan jalan.

Akibat kejadian tersebut, sopir Adul Karim mengalami luka robek di kepala sebelah kanan dengan 16 jahitan, luka pada kedua jempol kaki dan luka lecet kedua tangan. “Saat ini korban berada di Puskesmas Batangkapas untuk pengobatan,” kata Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Yuliandi.

Katanya, kondisi sopir tidak terlalu parah, dan masih dalam keadaan sadar. Sementara, kerugian akibat kecelakaan ini diperkirakan sekitar Rp200 juta. Sejak pagi, polisi masih di kolasi untuk melakukan proses evakuasi dan pengamanan jalan. Karena ada tumpahan minyak sawit yang membasahi badan jalan.

Dikatakan Yuliandi, untuk sementara kecelakaan tersebut diduga karena rem blong sehingga hilang kendali atau out of control. Dan, saat kejadian jalan raya kondisi jalan penurunan dan pendakian, jalan tikungan, cuaca cerah pada pagi hari serta arus lalu lintas sepi.

Polres Pessel telah melakukan olah TKP, serta meminta keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian.

“Kondisi truk sementara sudah ditepikan di pinggir jalan, dan arus lalu lintas normal seperti biasa,” kata Kasat Lantas itu.

Kasat mengimbau pengendara untuk berhati-hati melintasi jalan tersebut. Sebab, jalan ditumpahi minyak sawit.

“Sekarang Kanit Patroli masih dilokasi, dalam proses evakuasi dan pengamanan jalan,” ungkap Kasat Lantas.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Dailipal, agar tidak membahayakan bagi pengendara lainnya akibat tumpahan CPO, menerjunkan anggota Damkar di lokasi. Untuk membersihkan tumpahan tersebut. “Kami juga menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan minyak sawit,” katanya.

Kecelakaan itu mengakibatkan sepanjang 20 meter badan jalan dari arah Batangkapas menuju Kota Painan dibasahi tumpahan minyak sawit. Tepatnya di bahu jalan sebelah kiri. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional