Close

Transportasi kembali Dibuka Pusat, Mulyadi Minta Pemprov Sumbar Perketat Pintu Masuk

Calon Gubernur Sumbar Ir Mulyadi.

PADANG, METRO-Dibukanya kembali moda transportasi darat, laut dan udara oleh Kementerian Perhubungan RI membuat semua warga cemas alang kepalang. Apalagi, pandemi covid-19 belum jelas kapan berhentinya di Indonesia, termasuk di Sumbar. Tak heran, hal ini membuat Anggota DPR RI asal Sumbar Ir Mulyadi geram.

Mulyadi, Ketua DPD Demokrat Sumbar itu mencemaskan kondisi masyarakat Sumbar bakal terpapar Covid-19 bila Pemprov Sumbar dan Kabupaten/Kota tidak melakukan pengawasan yang ketat. Apalagi Sumbar memiliki jutaan perantau yang sebagiannya berpeluang pulang kampung bila moda transportasi dibuka pemerintah.

“Sebelumnya, pemerintah melarang mutlak bagi masyarakat untuk melakukan mudik, guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun kebijakan terbaru Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa angkutan umum ke luar daerah akan kembali dibuka, jelas buat kita prihatin. Virus corona akan merajalela bila kita tidak memyisakan langkah-langkah antisipasi,” ungkap Mulyadi.

Karena itu, Anggota DPR RI dari tiga periode dari Fraksi Demokrat itu mengimbau kepada Pemerintah Sumatra Barat agar memperketat pintu masuk ke Sumbar. Hal ini bertujuan untuk melindungi Masyarakat Sumbar dari virus corona.

“Kita ingin Masyarakat Sumbar terlindungi dengan baik dari virus Corona, namun arus mudik mau tidak mau harus dihadapi, sehingga hal yang bisa dilakukan adalah memperketat pintu masuk ke Sumbar,” ujar Mulyadi yang disebut-sebut calon kuat Gubernur Sumbar.

Mulyadi mengatakan, memperketat pintu masuk ke Sumbar bisa dengan cara tes suhu badan, rapid tes kepada masyarakat yang baru datang ke Sumbar. Pemda Sumbar juga diharapkan memberlakukan kebijakan karantina bagi warga yang baru datang.

“Ketika mudik, dalam perjalanan bisa saja kita tidak sadar telah terpapar virus covid-19 ini tapi kita tetap merasa sehat, inilah yang disebut dengan orang tanpa gejala atau pembawa virus,” kata Mulyadi.

Imbauan Mulyadi ini dimaksudkan agar penyebaran virus corona melambat bahkan hilang sama sekali di Sumbar meskipun terdapat arus mudik. Mulyadi optimis, jika masyarakat dan Pemda Sumbar saling bekerja sama, maka virus corona di Sumbar akan dengan cepat hilang. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top