Close

TPU Simawang akan Bangun Pendokan Pendopo, Masyarakat Lakukan Goro Bersama

TANAHDATAR, METRO–Masyarakat Nagari Simawang bersama Peme­rintahan Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Ta­nah Datar, melakukan gotong royong membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nagari yang terletak Jorong Piliang Bendang, Simawang, Selasa (24/1).

Lokasi TPU yang sudah dibangun masa pejabat Wali Nagari Alm. Syaiful Adnan sekitar tahun 2005 kini sudah dipagar dengan luas lebih kurang satu hektar. Sudah terdapat lebih kurang 7 pusara yang di­tempati, kini dalam kondisi semak belukar dan dilakukan goro atas inisiatif H. Asrial Sutan Batuah bersama Sy. Dt. Rajo Batuah.

Dalam goro yang dihadiri lebih kurang 100 orang itu, tampak hadir Wali Nagari Simawang Firman Ma­lin Panduko, Ketua KAN M. Noer Dt. Tianso, Ketua BPRN MS. Dt. Rajo Nan Hitam, Ketua Pemuda Nagari Candra Parmato Sati, Pe­rantau M. Nur Idris, tokoh masyarakat Piliang D. Sutan Marajo, Wali Jorong se – Simawang dan tokoh ma­syarakat serta pemuda nagari lainnya.

Asril Sutan Batuah selaku penggagas goro me­ngatakan kegiatan kali ini membersihkan semak belukar dan rencana pembuatan pendopo (palanta) di TPU yang bisa dimanfaatkan untuk peziarah nanti. Disamping itu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat ibadah semi permanen.

Untuk pembuatan pendopo ini, akan memerlukan dana lebih kurang 50 juta. Juga akan dibuat pengecoran jalan dite­ngah-tengah TPU untuk akses jalan masuk mobil jenazah dan ja­lan lewat peziarah bila ke TPU Simawang. Karena itu, dibutuhkan ukuran tangan ban­tuan dari masyarakat dan perantau simawang.

Wali Nagari Simawang Firman Malin Panduko, menyambut baik kegiatan goro dan pembuatan pendopo di TPU Nagari Simawang. Wali Nagari mu­da yang merakyat ini, me­ngajak masyarakat untuk bersama melakukan goro setiap minggu sampai pendopo selesai. Firman menambahkan untuk dana awal pembuatan pendopo ini berasal sari sumbangan masyarakat.

“Ini kegiatan bagus se­kali dan bernilai ibadah. Keberadaan TPU ini pen­ting karena keterbatasan lahan di masing jorong saat ini, makan adanya TPU ini sangat membantu untuk pemakaman bagi keluarga terutama masyarakat Jo­rong Ombilin” ujar Firman.

Senada dengan itu, baik Ketua KAN dan Ketua BPRN sangat mendukung goro dan pembuatan pendopo ini.  Keduanya sejak dulu sangat mengharapkan TPU diperbaiki sehingga tidak membuat ragu ma­syarakat bila ada keluarganya meninggal dunia di­kuburkan di TPU ini.

Mantan Ketua KAN Simawang, SY Dt. Rajo Batuah menjelaskan sejarah singkat keberadaan TPU Simawang ini. Katanya TPU mulai diperbaiki sejak ta­hun 2002 yang berasal dari hibah keluarga Bandaro Siid. Masa Wali Nagari Syaiful Adnan tahun 2005 lokasi TPU mulai dipagari tembok dan dibuatkan gerbang masuk.

Pada goro siang itu dilangsungkan peletakan ba­tu pertama pendopo oleh Wali Nagari Simawang di­damping Ketua KAN, Ke­tua BPRN dan sejumlah tokoh masyarakat. Wali Nagari berharap untuk terwujudnya pendopo dan kebersihan TPU ini, Ia mengajak masyarakat dan perantau Simawang untuk menyumbangkan dananya bagi ke­lanjutan pembangunan pen­dopo dan kebersihan TPU Simawang. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top