Close

TPU Penuh, Retribusi Makam Nunggak, DLH Wacanakan Penambahan Lokasi di Lubukkilangan

TPU TUNGGUL HITAM— Kondisi TPU Tunggul Hitam dinyatakan sudah penuh oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Saat ini sudah ada sekitar 23.271 makam di TPU ini.

AIEPACAH, METRO–Dua lokasi makam di Kota Padang, yakni Tempat Pemakaman Umum (TPU) Aia Dingin dan Tunggul Hitam penuh. Sementara yang tersisa hanya di TPU Bungus. Pemko Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, merencanakan menam­bah lokasi makam di ka­wasan Lubukkilangan.

Kepala Dinas Ling­ku­ngan Hidup Kota Padang, Mai­rizon mengatakan ren­cana penambahan lokasi pemakaman di Lubuk­ki­langan itu adalah untuk me­nam­pung masyarakat yang ting­gal di kawasan barat Kota Padang, mulai dari Pa­dang Barat, Padang Ti­mur, Pauh, Kuranji, Nang­galo.

Selama ini masyarakat yang tinggal di sana me­nge­luh karena lokasi ma­kam di Bungus terlalu jauh untuk ditempuh. Dengan adanya penambahan ma­kam baru di lokasi dalam kota, maka akan memu­dahkan masyarakat untuk memakamkan keluarga mereka yang meninggal.

Saat ini, DLH telah me­ninjau lokasi di Lubuk­kilangan. Luasnya sekitar 8,1 hektare. “Namun masih butuh pembahasan de­ngan pihak-pihak terkait. Ini yang sedang kita se­dang buat kajiannya. Ka­rena kita butuh,” kata Mai­rizon di Media Center Ba­lai­kota, Aiepacah, Rabu (22/9).

Untuk saat ini jumlah makam di TPU Gunggul Hitam telah diisi sebanyak 23.271. Sementara di Aia Dingin sudah sebanyak 2.778 makam. Keduanya telah penuh.

Sementara di Bungus sudah terisi sebanyak 1.719 makam. Kondisinya masih bisa menampung ribuan makam lagi. Namun loka­sinya cukup jauh.

Di sisi lain, saat ini banyak makam yang me­nung­gak retribusinya. Bah­kan sudah sampai puluhan tahun. DLH sedang mem­buat surat ke Inspekorat me­mohon diizin kan untuk me­lakukan pemutihan tung­ga­kan makam. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top