Menu

TP-PKK Tanahdatar Optimis jadi yang Terbaik

  Dibaca : 96 kali
TP-PKK Tanahdatar Optimis jadi yang Terbaik

TANAHDATAR, METRO
Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo yang mewakili Kabupaten Tanahdatar dinilai tim penilai Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Gedung Indo Jolito, Batusangkar, belum lama ini.

Penilain HKG PKK KB Kesehatan mencakup 4 indikator, yakni PKK Pembangunan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana (BANGGAKENCANA), Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Posyandu, masing-masing indikator itu tersebar di berbagai jorong di Nagari Pangian.

Penilaian yang diikuti 6 Kabupaten dan 5 Kota itu pun berbeda dari tahun sebelumnya, di mana dilakukan secara wawancara berkaitan dengan laporan yang diterima Tim Penilai mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman mengatakan, dipilihnya Nagari Pangian mewakili Tanahdatar merupakan kesepakatan semua pihak mengingat juara II yang diperolehnya di ajang HKB PKK KB Kesehatan di tahun 2019 silam dan kesiapan mengikuti lomba di tahun 2020 ini.

“Melihat semangat kader TP-PKK selama ini, Pemerintah Kabupaten Tanahdatar optimis menjadi yang terbaik di ajang HKB PKK KB Kesehatan tingkat provinsi tahun ini,” ujar Erman Rahman.

Erman Rahman menambahkan melalui momentum ini juga, lahir upaya maksimal dengan segala terobosan dan inovasi oleh tim operasional baik kabupaten, nagari maupun jorong guna menunjang penilaian HKG PKK KB Kesehatan tingkat provinsi tahun 2020.

“Kegiatan ini, ialah upaya melahirkan masyarakat sejahtera, sebagai langkah mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sebagaimana langkah-langkah yang mulai diterapkan masyarakat nagari Pangian di bawah binaan TP PKK Tanah Datar, semoga semua itu dapat menjadikan Kabupaten Tanah Datar terbaik di HKG PKK KB Kesehatan tahun ini,” ujar Erman Rahman.

Sementara itu, Pjs. Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Tuti Rahman mengatakan untuk menuju tahap penilaian HKG PKK KB Kesehatan tingkat provinsi Sumatera Barat, banyak pihak yang dilibatkan dalam pelaksanaannya dengan tujuan kegiatan itu berdampak pada meningkatnya cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam program PKK (BANGGA KENCANA) Kesehatan.

“Kegiatan ini telah dipersiapkan secara menyeluruh dengan melibatkan semua unsur baik pemerintahan maupun masyarakat. Sebelumnya, dilaksanakan pembinaan oleh Tim Operasional Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan ke Kecamatan Lintau Buo, Nagari Pangian dan Kampung KB Galopuang, di mana pembinaan dilaksanakan bulan Oktober sampai dengan Desember 2020,” ujar Ny. Tuti Rahman.

Selain itu, Ketua Tim Penilai HKB PKK KB Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Ny. Anita Ali Asmar mengatakan penilaian dibagi 4 kelompok, masing-masing narasumber diminta menjelaskan terkait unsur yang ada dilaporan secara menyeluruh.

“Pelaksanaan penilaian tahun ini memang sangat berbeda, tetapi tidak akan mempengaruhi isi penilainan itu sendiri. Selepas ini, bagi kabupaten dan kota yang diamanahkan menjadi yang terbaik akan mewakili Sumatera Barat di ajang HKB PKK KB Kesehatan tingkat Nasional,” ujar Ny. Anita Ali Asmar saat memberikan sambutanya (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional