Menu

Tour de Singkarak Tahun 2021 Resmi Dibatalkan

  Dibaca : 143 kali
Tour de Singkarak Tahun 2021 Resmi Dibatalkan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Senin (6/9).

PADANG, METRO–Ajang balap sepeda internasional Tour de Sing­karak (TdS) tahun 2021 batal dilaksanakan. Pertimba­ngan batalnya event yang sudah masuk kalender res­mi Union Cycliste International (UCI) itu, karena  tidak mendapat rekomen­dasi dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Co­vid-19 Provinsi Sumbar.

­“Hasil rapat Satgas Co­vid-19 telah memutuskan TdS tahun 2021 kita batal­kan, dan setelah hasil rapat ini, Dinas Pariwisata Pro­vinsi Sumbar akan menin­dak­lanjuti keputusan itu,” kata Juru Bicara Satgas Pena­nganan Covid-19 Sum­bar, Jasman Rizal, Senin (6/9).

Jasman menyebut, Di­nas Pariwisata Provinsi Sumbar sebelumnya su­dah mengajukan izin untuk pe­nyelenggaraan TdS tahun 2021. Setelah dirapatkan oleh Satgas Penanganan Covid-19, kegiatan yang penyelenggaraannya juga akan diikuti oleh Provinsi Jambi itu, tidak mendapat restu dari satgas.

Pertimbangan dan ala­sannya, karena mengingat fokus pemerintah masih pada pengendalian Covid-19.

Dikatakan Jasman, pembatalan TdS tahun 2021 ini sudah sesuai dengan masukan dari berbagai pihak. Termasuk masya­rakat, organisasi, pakar, dan sebagainya.

“Dengan berat hati, kita tahu ini banyak peminat­nya, karena ini bagian sa­lah satu ikon dari pari­wisata Provinsi Sumbar, tapi karena menyangkut masalah kesehatan ma­sya­rakat,” ujar Jasman.

Dia mengatakan, se­cara psikologi masyarakat dinilai juga belum siap. Selain itu, juga sudah ada beberapa kabupaten dan kota menarik diri untuk berpartisipasi dalam pe­nye­lenggaraan TdS kali ini.

Semula, TdS tahun 2021 direncanakan digelar da­lam lima etape pada 16-21 Ok­tober 2021, dengan melibat­kan dua kota dan dua ka­bupaten di Sumbar dan satu kabupaten di Jambi.

Batalnya Tds tahun ini merupakan yang kedua kalinya. TdS dalam per­jalanannya rutin dilaksa­nakan setiap tahun sejak 2009 hingga tahun 2019 lalu. Namun, karena pada 2020 lalu terjadi pandemic Co­vid-19 penyelenggaraan TdS juga ditiadakan. Terma­suk juga tahun 2021 ini. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional