Menu

Tour de Singkarak 2019, Menempuh Lintasan 1.249,1 Kilometer

  Dibaca : 125 kali
Tour de Singkarak 2019, Menempuh Lintasan 1.249,1 Kilometer
Arfian (Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang )

PADANG, METRO – Alek balap sepeda Tour de Singkarak (Tds) 2019 bakal dilaksanakan 2-10 November mendatang. TdS ini akan menempuh sembilan etape dan Kota Padang adalah sebagai tuan rumah finish terakhir.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan, Kota Padang terpilih menjadi tempat terakhir finish Tour de Singkarak. Sedainya, finish akan dilaksanakan di Pantai Cimpago Padang, tahun

sekarang lebih meriah dari tahun lalu. Karena Kota Padang menjadi estape terakhir, tempat finish dan menjadi tempat penutup acara Tour de Singkarak.

“Akan turut hadir artis ibu kota maupun lokal, serta dimeriahkan oleh tarian tradisional, pergelaran musik, dan acara tradisional lainnya, TdS adalah acara provinsi, merupakan icon Sumbar, secara tidak langsung adalah ajang promosi kawasan wisata nantinya,” jelas Arfian, Rabu (11/9).

Tour de Singkarak (TdS) menempuh dua provinsi, melewati 14 kabupaten dan kota, total panjang lintasan 1.249,1 kilometer, etape pertama akan dimulai di Kota Pariaman dan berakhir di Kota Padang etape kesembilan. Semua etape TdS 2019 adalah hasil rapat gabungan dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi dan tim teknis, dan penetapan jalur TdS digelar oleh Dinas Pariwisata Sumbar.

Arfian menambahkan, dalam acara TdS nantinya, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan turut ikut serta mengsukseskan, yakni keterkaitan dari Polri Kota Padang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaram, dan Kementrian Agama.

“Semoga dengan adanya Tour de Singakarak 2019 ini akan menambah kunjungan jumlah wisatawan yang akan datang ke Kota Padang dan Sumbar umumnya,” tambah Arfian.

Jalur etape pertama adalah Pariaman – Tanahdatar, dengan panjang lintasan 109,9 KM, pada Sabtu (2/11), jalur kedua Pasaman – Bukitinggi, Panjang lintasan 96,7 KM, pada Minggu (3/11), jalur ketiga Payakumbuh – Sawahlunto, panjang lintasan 112 KM pada Senin (4/11), jalur etape keempat Limapuluh Kota – Dharmasraya, panjang lintasan 175 KM, Selasa (5/11).

Selanjutnya, etape kelima Singkarak – Ambun Pagi, Agam, panjang lintasan 169 KM, pada rabu (6/11), etape keenam Padangpanjang – Solok Selatan, panjang lintasan 206 KM, pada Kamis (7/11), etape ketujuh Kayu Aro, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumbar – Dermaga Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi panjang lintasan 81,5 KM, pada Jumat (8/11).

Etape kedelapan Kota, Sungai Penuh, Jambi – Pesisir Selatan, Sumatera Barat, panjang lintasan 198,6 KM, Sabtu (9/11), etape kesembilan Pesisir Selatan-Kota Padang, panjang lintasan 100,4 KM, pada Minggu (10/11). (e)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional